Share

Jumat Agung, PM Modi Sapa Warga India Ingatkan Pengorbanan dan Keberanian Yesus Kristus

Susi Susanti, Okezone · Jum'at 15 April 2022 11:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 15 18 2579511 jumat-agung-pm-modi-sapa-warga-india-ingatkan-pengorbanan-dan-keberanian-yesus-kristus-8CdlYViLEr.jpg PM India Narendra Modi ucapkan perayaan Jumat Agung (Foto: Zee News)

NEW DELHI - Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi pada Jumat (15/4) menyampaikan salam kepada sesama orang India pada kesempatan perayaan Jumat Agung dan Vishu.

“Kami mengingat keberanian dan pengorbanan Yesus Kristus hari ini pada Jumat Agung. Cita-cita pelayanan dan persaudaraannya adalah cahaya penuntun bagi beberapa orang,” cuit Modi di Twitter.

Modi juga mendoakan orang India pada perayaan Vishu untuk kesehatan yang baik dan kebahagiaan orang-orang.

Jumat Agung menandai penyaliban Yesus Kristus dan kematiannya di Kavaleri. Tahun ini, Jumat Agung diperingati pada 15 April.

 Baca juga: Misa Kamis Putih, Paus Fransiskus Kunjungi Penjara Italia, Cuci dan Cium Kaki 12 Napi

Tanggal mungkin berbeda setiap tahun sesuai dengan Kalender Gregorian dan Julian. Perayaan ini juga dikenal dengan nama Jumat Suci, Jumat Agung, dan Jumat Hitam. Kebaikan berarti saleh atau suci.

Baca juga: Jumat Agung, Menko Luhut: Tuhan Tidak Tinggalkan Kita dalam Segala Cobaan

Sementara itu, Vishu adalah festival keberuntungan di Kerala dan sebagian Karnataka dan Tamil Nadu. Orang-orang merayakan Tahun Baru mereka pada hari pertama bulan Medam menurut kalender Malayalam. Festival ini dirayakan sebagai Puttandu di Tamil Nadu, Poila Boisakh di Benggala Barat, Bohag Bihu di Assam dan Baisakhi di Punjab.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Diketahui, perayaan Jumat Agung juga dilakukan pihak Vatikan. Kali ini, Paus Fransiskus mengunjungi sebuah penjara Italia untuk Misa Kamis Putih dan membasuh serta mencium kaki 12 narapidana untuk memperingati sikap kerendahan hati Yesus terhadap para rasulnya pada malam sebelum dia meninggal.

Para pendahulu Paus mengadakan kebaktian di Basilika Santo Petrus atau katedral Roma lainnya. Tetapi setelah pemilihannya pada 2013, Paus melanjutkan tradisi yang dulunya dilakukan saat dia menjabat sebagai Uskup Agung Buenos Aires dengan mengunjungi penjara atau panti jompo.

Tahun ini, Paus Fransiskus pergi ke penjara di kota pelabuhan Civitavecchia, barat laut Roma di pantai Mediterania.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini