Share

Swedia dan Finlandia Akan Segera Bergabung dengan NATO

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 12 Mei 2022 10:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 12 18 2592841 swedia-dan-finlandia-akan-segera-bergabung-dengan-nato-aNDLUtYwJ2.jpg Foto: Reuters.

BRUSSELS – Finlandia dan Swedia diperkirakan akan mendaftar untuk bergabung dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dalam beberapa hari mendatang dan akan segera mendapatkan keanggotaan, kata lima diplomat dan pejabat.

BACA JUGA: Ganggu Keamanan Eropa Jadi Alasan Swedia Tolak Gabung NATO

Selama satu tahun ratifikasi keanggotaan kedua negara itu, sekutu NATO akan meningkatkan kehadiran pasukan di wilayah Nordik, mengadakan lebih banyak latihan militer dan patroli angkatan laut di Laut Baltik dan mungkin merotasi pasukan Amerika Serikat (AS) dan Inggris melalui Finlandia dan Swedia, kata sumber tersebut.

Finlandia dan Swedia tidak akan mendapat manfaat dari klausul pertahanan kolektif NATO, yang menjadikan serangan terhadap satu sekutu adalah serangan terhadap semua, sampai parlemen dari 30 negara anggota NATO meratifikasi keputusan tersebut.

Di kawasan Nordik, saat ini, Norwegia, Denmark, dan tiga negara Baltik lainnya telah menjadi anggota NATO.

Presiden Finlandia Sauli Niinisto akan mengumumkan keputusan negaranya pada Kamis (12/5/2022), sebagai konfirmasi resmi atas keputusan Helsinki untuk bergabung dengan NATO. Finlandia memiliki perbatasan sepanjang 1.300 km dengan Rusia yang dianggap sebagai seteru NATO.

BACA JUGA: Finlandia Siagakan Militer Setelah Ketegangan Soal Ukraina Meningkat

Sementara itu partai Sosial Demokrat yang berkuasa di Swedia diperkirakan akan mengambil keputusan pada Minggu (15/5/2022) mengenai apakah mereka akan membatalkan oposisi terhadap keanggotaan NATO. Parlemen Swedia mengadakan tinjauan paralel semua pihak tentang kebijakan keamanan yang akan dilaporkan pada Jumat (13/5/2022).

Seorang sumber diplomat yang dikutip Reuters mengatakan bahwa kedua negara itu diyakini akan segera bergabung dengan NATO. Sementara diplomat lainnya mengatakan bahwa aksi militer Rusia ke Ukraina akan mendorong keputusan Swedia dan Finlandia bergabung dengan aliansi itu.

Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov menolak mengomentari kemungkinan reaksi Rusia.

"Tentu saja, kami mengamati segala sesuatu yang berhubungan dengan tindakan yang entah bagaimana mampu mengubah konfigurasi aliansi di dekat perbatasan kami dengan cara yang paling penuh perhatian," katanya.

"Ini adalah subjek untuk analisis yang sangat, sangat hati-hati. Untuk saat ini, kami tidak bisa mengatakannya lagi."

Rusia sangat tidak setuju, melihat perluasan NATO sebagai ancaman langsung terhadap keamanannya sendiri. Ia mengutip masalah itu sebagai alasan tindakannya di Ukraina, yang juga bercita-cita untuk bergabung dengan NATO.

Para diplomat dan pejabat aliansi mengatakan tawaran keanggotaan oleh Swedia dan Finlandia pasti akan disetujui, baik pada atau sebelum pertemuan puncak NATO yang direncanakan di Madrid pada 28-30 Juni 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini