Share

TV Pemerintah Rusia Peringatkan Putin Lebih Pilih Perang Dunia Ketiga Daripada Kalah Perang di Ukraina

Susi Susanti, Okezone · Kamis 12 Mei 2022 19:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 12 18 2593276 tv-pemerintah-rusia-peringatkan-putin-lebih-pilih-perang-dunia-ketiga-daripada-kalah-perang-di-ukraina-4RAuDdBA8X.jpg TV pemerintah Rusia peringatkan Putin lebih pilih Perang Dunia Ketiga daripada kalah di perang Ukraina (Foto: Russian State Media)

RUSIA TV pemerintah Rusia mengklaim jika Presiden Rusia Vladimir Putin lebih mungkin untuk meluncurkan Perang Dunia Ketiga dengan perang nuklir daripada menerima kekalahan perang di Ukraina.

Margarita Simonyan, editor penyiar negara RT, membuat pernyataan mengejutkan di TV pada Rabu (11/5/2022) malam, dengan menyatakan bahwa pemimpin Rusia 'lebih mungkin' melepaskan serangan nuklir daripada kegagalan di perang Ukraina.

Komentar tersebut adalah salah satu dari banyak komentar dari Rusia yang memperingatkan Barat tentang "konsekuensi" karena mengganggu invasi yang sedang berlangsung.

"Entah kita kalah di Ukraina atau Perang Dunia Ketiga dimulai. Saya pikir Perang Dunia Ketiga lebih realistis, karena kita mengetahui pemimpin kita,” terangnya.

“Hasil yang paling luar biasa, bahwa semua ini akan berakhir dengan serangan nuklir, tampaknya lebih mungkin bagi saya daripada rangkaian peristiwa lainnya,” lanjutnya.

Baca juga:  PBB: Perang Rusia-Ukraina Bisa Berakhir dengan Kiamat Nuklir

“Ini membuat saya ngeri di satu sisi, tetapi di sisi lain, memang seperti itu. Kita akan pergi ke surga, sementara mereka hanya akan serak. Kita semua akan mati suatu hari nanti,” ujarnya kepada panel ahli.

 Baca juga: Uni Eropa: Rusia Ancaman Paling Langsung Terhadap Tatanan Dunia Internasional

Komentar mengkhawatirkan itu menyusul komentar Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov yang mengklaim ancaman konflik nuklir tidak boleh diremehkan.

“Ini adalah posisi kunci kami di mana kami mendasarkan segalanya. Risikonya sekarang cukup besar,” kata Lavrov di TV pemerintah, pada Selasa (10/5/2022)

“Saya tidak ingin meningkatkan risiko itu secara artifisial. Banyak yang akan seperti itu. Bahayanya serius, nyata. Dan kita tidak boleh meremehkannya,” katanya, mengacu pada risiko perang nuklir.

Sebelumnya, The Daily Star melaporkan Putin dapat mendeklarasikan Perang Dunia 3 hanya dalam waktu dua hari. Hal ini mengacu pada pendapat Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace.

Wallace mengatakan bahwa lalim akan "mungkin" berusaha untuk "memobilisasi rakyat Rusia" di tengah "operasi militer khusus" yang gagal.

Saat berbicara kepada LBC, Wallace memperingatkan bahwa Putin dapat meningkatkan retorikanya dalam beberapa hari mendatang.

Pasukan Rusia pertama kali melintasi perbatasan ke Ukraina pada 24 Februari, mengklaim bahwa mereka ingin "mendenazifikasi" negara itu.

Putin juga mengancam akan menggunakan senjata nuklir untuk melawan kekuatan barat jika mereka menghalangi jalannya. Lavrov pun menegaskan ancaman perang nuklir "sangat serius".

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini