Share

3 Orang yang Cetak Rekor Jalan Kaki Terjauh, Salah Satunya Pernah Lumpuh

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Jum'at 20 Mei 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 19 18 2596980 3-orang-yang-cetak-rekor-jalan-kaki-terjauh-salah-satunya-pernah-lumpuh-v4IcGIWZGW.jpg Angela Maxwell berjalan kaki berkeliling dunia. (Foto: Angela Maxwell)

JAKARTA - Jalan kaki adalah satu kegiatan yang tidak menjadi favorit bagi banyak orang. Tersedianya berbagai jenis transportasi di sebuah negara membuat masyarakat perlahan meninggalkan kegiatan jalan kaki.

BACA JUGA: Bule Jelajahi Bali dengan Jalan Kaki 166 Km, Terbius Keindahannya

Namun, untuk beberapa orang, jalan kaki adalah kegiatan kegemaran yang harus dilakukan. Bahkan, mereka rela berjalan kaki sejauh puluhan ribu kilometer untuk menjelajahi dunia. Berikut informasi lengkapnya seperti dirangkum Tim Litbang MPI:

Jesse Castaneda

Melansir laman World Guiness Worlds, Jesse Castaneda berhasil memecahkan rekor pejalan kaki terjauh pada 1976. Kala itu, ia menempuh jarak 228 ribu kilometer di New Mexico hanya selama 24 jam. Pria kelahiran 24 Januari 1940 ini pernah lumpuh di usia 8 tahun akibat kecelakaan mobil.

Dokter menyatakan bahwa Castaneda tidak dapat berjalan lagi. Akan tetapi, Castaneda tetap pada keyakinannya bahwa ia bisa berjalan lagi. Seperti mendapat mukjizat, Castaneda hanya 6 bulan duduk di kursi roda dan perlahan dapat kembali berjalan. Saat itu, Castaneda langsung memiliki tekad untuk berjalan jauh dan memecahkan rekor. 

BACA JUGA: Tak Menyerah Meski Derita Leukimia, Bocah Ini Berjalan 124 Km Kumpulkan Amal

2. George Meegan

George Meegan merupakan seorang petualang asal Inggris yang melakukan perjalanannya di tahun 1977. Jika ditotal, ia telah jalan kaki sejauh 30 ribu kilometer antara Argentina dan Alaska. Melansir laman Geographical, pria yang lahir pada 2 Desember 1952 itu terinspirasi melakukan petualangan dari buku-buku yang ia baca sejak kecil.

Selama melakukan perjalanan, Meegan banyak mempelajari budaya dan bahasa dari negara yang ia singgahi. Bahkan, ia turut memberikan pengajaran seputar teknologi modern, utamanya bagi warga pedalaman. Namanya masuk dalam Rekor Dunia karena aksi jalan kakinya yang memakan waktu hingga 2.426 hari.

3. Angela Maxwell

Perempuan asal Amerika Serikat, Angela Maxwell, sudah menempuh jarak sejauh 20 ribu kilometer dengan berjalan kaki. Ia menyambangi 12 negara di 3 benua sejak tahun 2013. Meskipun tidak ada keterangan yang menyebut bahwa Maxwell berhasil memecahkan rekor, namun perjalanannya ini rasanya pantas untuk masuk dalam rekor dunia.

Selama perjalanan, ia membawa gerobak kecil seberat 50 kilogram yang digunakan untuk membawa semua perlengkapannya, mulai dari tenda kemah, pakaian, makanan, minuman, hingga filter air minum.

Maxwell mengalami banyak kendala dalam perjalanannya. Salah satu kendala tersebut adalah kulitnya yang melepuh saat melewati gurun Australia. Bahkan di Vietnam, Maxwell sempat terserang demam berdarah. Ketika sampai di Mongolia, ia sempat mendapat pelecehan seksual ketika seseorang berhasil merangsek ke tendanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini