Share

Penembakan Massal di Luar Restoran Cepat Saji McDonald's, 2 Orang Meninggal dan 8 Terluka

Susi Susanti, Okezone · Sabtu 21 Mei 2022 14:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 21 18 2597917 penembakan-massal-di-luar-restoran-cepat-saji-mcdonald-s-2-orang-meninggal-dan-8-terluka-pHcHSKhefq.jpg Penembakan massal di luar restoran cepat saji McDonald's di Chicago, AS (Foto: AP)

CHICAGO - Dua orang meninggal dan sedikitnya delapan orang terluka dalam penembakan massal terbaru di Chicago. Insiden ini terjadi di luar gerai makanan cepat saji McDonald's.

Menurut polisi, penembakan itu terjadi sekitar pukul 22:40 waktu setempat pada Kamis (19/5/2022) di dekat Chicago Avenue dan State Street, hanya beberapa blok dari distrik perbelanjaan Magnificent Mile yang mewah di Windy City.

Chicago Sun-Times melaporkan paramedis terlihat mendorong tandu demi tandu di bawah pita polisi di lokasi pertumpahan darah. Korban yang terluka terdaftar dalam kondisi serius hingga kritis di rumah sakit setempat.

Walikota Lori Lightfoot menyebut penembakan itu sebagai tindakan kekerasan yang keterlaluan. Dia telah memerintahkan polisi untuk mendirikan pos tetap petugas berseragam di persimpangan sibuk tempat kejaddian dan di stasiun kereta bawah tanah Jalur Merah terdekat.

Baca juga: Penembakan di Gereja Tewaskan 5 Orang, Ayah Habisi 3 Anaknya Sebelum Bunuh Diri

“Penduduk daerah, komuter, dan lainnya harus memiliki ketenangan pikiran bahwa daerah yang sangat diperdagangkan ini aman, dan sekarang saatnya untuk mengambil langkah-langkah konkret yang lebih spesifik untuk menangani daerah ini sekali dan untuk selamanya,” terangnya.

Baca juga" Militer AS Diperintahkan Bayar Ganti Rugi Rp3,3 Triliun untuk Korban Penembakan Massal

"Sungguh mengerikan dan tidak dapat diterima bahwa sekali lagi, tragedi lain terjadi karena senjata api berada di tangan orang-orang yang tidak peduli dengan diri mereka sendiri atau nilai kehidupan orang lain,” lanjutnya.

Polisi mengatakan satu tersangka dari penembakan massal terbaru ditahan, dan sebuah pistol ditemukan di tempat kejadian. Baik tersangka penembak maupun korban tidak diidentifikasi.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

Pihak berwenang juga belum mencantumkan usia para korban, tetapi komentar para saksi kepada Sun-Times menunjukkan bahwa mereka adalah orang dewasa muda atau remaja.

“Ketika pertarungan pertama kali dimulai, kami berada tepat di sebelah mereka,” kata seorang wanita berusia 18 tahun kepada surat kabar itu. “Kami harus lari karena saya tidak ingin ada yang menembak saya,” lanjutnya. Dia menambahkan setelah pelaku melarikan diri ke toko terdekat, mereka berbalik dan menembak seperti orang gila.

Seorang saksi lain mengatakan kepada Sun-Times bahwa anggota keluarga para korban mengalami kesulitan mendapatkan informasi dari polisi dan rumah sakit. “Korban ini punya ibu,” katanya.

Ketika petugas menanggapi lokasi penembakan dan memblokir jalan-jalan di sekitar McDonald's, mereka harus memecah lebih banyak perkelahian di antara penonton di kerumunan. Sebuah jendela di restoran dilaporkan pecah selama penembakan.

Polisi mengatakan sekitar 40 menit setelah penembakan McDonald's, dua pria saling menembak dalam baku tembak kurang dari satu mil jauhnya.

Pria berusia 29 dan 32 tahun itu melepaskan tembakan setelah bertengkar. Keduanya dirawat di rumah sakit dengan luka-luka mereka.

Penembakan di Chicago telah melonjak 66% dalam dua tahun terakhir, mencapai hampir 10 kasus per hari pada tahun 2021. Ada hampir 800 pembunuhan di kota itu tahun lalu, jumlah tertinggi dalam seperempat abad. Kekerasan senjata bahkan lebih buruk sepanjang tahun ini di pusat kota Chicago. Penembakan telah melonjak sebesar 225% di Distrik ke-18, termasuk McDonald's ketika insiden itu terjadi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini