Share

Banjir Rob, Lalu Lintas di Pantura Demak-Semarang Dialihkan

Angga Rosa AD, Koran SI · Senin 23 Mei 2022 20:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 23 512 2599020 banjir-rob-lalu-lintas-di-pantura-demak-semarang-dialihkan-uqyVWNu2Ru.JPG Polisi kawal arus lalu linta di Pantura Demak (Foto: Polda Jateng)

DEMAK - Jalur Pantura Demak - Semarang sejak Senin (23/5/2022) siang mengalami kepadatan arus lalu lintas cukup panjang. Ini dampak banjir rob yang menggenangi kawasan Terminal Terboyo Semarang dan Kecamatan Sayung.

Untuk mengurangi kepadatan, arus lalu lintas dari Demak menuju Semarang dialihkan melalui jalur alternatif Buyaran (Karangtengah) - Guntur-Mranggen. Namun jalur alternatif hanya efektif dilalui kendaraan kecil seperti sepeda motor dan mobil pribadi.

"Hari ini terjadi banjir rob yang cukup tinggi menggenangi wilayah Terminal Terboyo Semarang dan sejumlah wilayah pesisir Demak. Jalur Pantura Demak tepatnya di Kecamatan Sayung mengalami kepadatan lalulintas sehingga kami melakukan rekayasa lalulintas," kata Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono, Senin (23/5/2022).

Dari pantauan lalulintas, kepadatan terjadi mulai SPBU Dukun, Kecamatan Karangtengah hingga wilayah Semarang. Sejumlah kendaraan berat menumpuk di Pantura Demak.

Budi menuturkan bahwa kepadatan lalulintas parah terjadi sejak, Sabtu (21/5/2022) sore. Hal itu diakibatkan rob yang terjadi di wilayah Terminal Terboyo Semarang dan Kecamatan Sayung cukup tinggi.

"Iya rob yang terjadi di Semarang juga berdampak di Demak. Kepadatan arus lalulintas bahkan mulai dari Desa Dukun, Kecamatan Karangtengah," ujarnya.

Pelabuhan Tanjung Mas

Untuk mengurai kepadatan lalulintas, pihaknya mengalihkan arus lali lintas menuju Semarang lewat jalur alternatif. Di pertigaan Buyaran Kecamatan Karangtengah sudah diturunkan sejumlah petugas untuk mengatur arus lalu lintas.

Dari pertigaan Buyaran tersebut kendaraan bisa menuju Guntur dan Mranggen.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

"Untuk menuju Semarang kami alihkan lewat jalur alternatif. Di pertigaan Buyaran sudah ada petugas yang mengatur. Untuk yang sudah sampai Onggorawe bisa ambil kiri langsung menuju Mranggen," paparnya.

Sejauh ini, Polres Demak sudah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mencari solusi penanganan kepadatan lalulintas akibat rob.

"Tentu, kami berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait untuk mengantisipasi, terutama arus lalu lintas. Dalam waktu dekat ini akan di mulai peninggian jalan Pantura di wilayah Kecamatan Sayung," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini