Share

5 Pemimpin Dunia dengan Pengawalan Terketat, Ada Dijaga Pasukan Pria Berkumis Tebal

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Kamis 26 Mei 2022 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 25 18 2600247 5-pemimpin-dunia-dengan-pengawalan-terketat-ada-dijaga-pasukan-pria-berkumis-tebal-Zq40o1QUmc.jpg Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dikawal ketat oleh para penjaganya. (Foto: AP)

JAKARTA - Ketika melakukan kunjungan kerja hingga urusan pribadi, wajar apabila seorang pemimpin negara mempunyai pengawalan. Demi alasan keamanan, sejumlah pemimpin dunia memiliki tingkat penjagaan ketat.

BACA JUGA: Putin Selamat dari 5 Upaya Pembunuhan, Salah Satunya Tewaskan Istri Sniper Chechnya

Berikut keamanan ketat untuk para pemimpin negara, sebagaimana dilansir Tim Litbang MPI:

1. Kim Jong-un

Pada 2018, ketika mengunjungi Singapura, Presiden Korea Utara Kim Jong-un tampak didampingi penjaga yang sigap. Penjaga ini terlihat mirip dengan petugas Dinas Rahasia Amerika Serikat (AS). Perlu diketahui, untuk menjadi pengawal Kim Jong-un, calon pengawal harus dapat masuk kualifikasi yang terbaik. Satuan pengawalan Kim Jong-un adalah Secret Service, yang beranggotakan kurang dari 7.000 personel.

BACA JUGA: Mengenal Pengawal Kim Jong-un yang 'Amankan' KTT Trump-Kim

2. Xi Jinping

Presiden China Xi Jinping merupakan salah satu pemimpin yang memiliki penjagaan ketat. Xi Jinping beserta petinggi Partai Komunis mendapat pengawalan yang ketat dari Biro Keamanan Pusat. Biro Keamanan Pusat adalah organisasi yang sangat rahasia. Biro ini mempunyai ribuan pasukan yang bertugas guna melindungi petinggi negara hingga keluarga pejabat negara.

3. Recep Tayyip Erdogan

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mempunyai jumlah personel pengawal mencapai 60 orang. Pengawalnya dikenal The Moustacheers yang berarti pria kekar yang mempunyai kumis dan menakutkan. Pada 2017, ketika melakukan kunjungan ke Yunani, Erdogan tampak dikawal 60 pria kumis yang tergabung dengan 100 keamanan Turki lainnya.

3. Ratu Elizabeth II

Ratu Elizabeth II, Pemimpin Kerajaan Inggris, juga mempunyai pengawalan yang terbilang ketat. Para pengawal siap siaga pada siang hingga malam hari guna menjaga istana tetap aman. Ketika bepergian, pengawalan untuk Ratu Elizabeth ini pun ketat. Terdapat barikade motor hingga mobil yang dibuat berlapis. Barikade pengawalan tersebut dibuat dengan formasi yang membentuk anak panah.

4. Vladimir Putin

Presiden Rusia Vladimir Putin mempunyai sistem pengawalan yang ketat. FSO (Layanan Perlindungan Federal) adalah satuan yang mengurus keamanan sang presiden. FSO mempunyai tanggung jawab untuk keamanan elite politik Rusia, namun yang menjadi prioritas adalah presiden. Mereka yang tergabung dengan FSO mempunyai kewenangan untuk melakukan investigasi hingga kegiatan operasional.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini