Share

Arkeolog Temukan Ratusan Peti Mati dan Patung Dewa Mesir Kuno di Saqqara

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 31 Mei 2022 08:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 31 18 2602945 arkeolog-temukan-ratusan-peti-mati-dan-patung-dewa-mesir-kuno-di-saqqara-nPx7088UDS.JPG Sarcophagus berusia 2.500 tahun yang ditemukan di lokasi penggalian di Saqqara dipamerkan di Giza, Mesir, 30 Mei 2022. (Foto: Reuters)

KAIRO - Para arkeolog yang bekerja di dekat Kairo telah menemukan ratusan peti mati Mesir kuno dan patung dewa perunggu.

Penemuan di pemakaman di Saqqara berisi patung dewa Anubis, Amun, Min, Osiris, Isis, Nefertum, Bastet dan Hathor bersama dengan patung tanpa kepala dari arsitek Imhotep, yang membangun piramida Saqqara, kata Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir. pada Senin (30/5/2022).

BACA JUGA: Kuil Kuno Dewa Zeus-Kaios Peninggalan Romawi Ditemukan di Mesir 

Sebanyak 250 peti mati, 150 patung perunggu dan benda-benda lainnya berasal dari Zaman Akhir, sekitar 500 SM, kata kementerian itu sebagaimana dilansir Reuters.

Benda-benda itu disertai juga dengan alat musik yang dikenal sebagai sistrum dan kumpulan bejana perunggu yang digunakan dalam ritual untuk pemujaan Dewi Isis.

Peti mati kayu yang dicat ditemukan utuh di lubang pemakaman dan berisi mumi, jimat, dan kotak kayu. Patung kayu Nephthys dan Isis dari periode sebelumnya juga ditemukan, keduanya dengan wajah berlapis emas.

Satu peti mati berisi papirus yang terpelihara dengan baik yang ditulis dalam hieroglif, mungkin ayat-ayat Kitab Orang Mati, dan dikirim ke laboratorium Museum Mesir di Kairo untuk dipelajari, kata Mostafa Waziri, Sekretaris Jenderal Dewan Tertinggi Purbakala.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Koleksi kosmetik ditemukan, termasuk wadah kohl, serta gelang dan anting-anting.

Peti mati akan dipindahkan untuk dipajang di Museum Besar Mesir yang sedang dibangun di dekat Piramida Agung Giza dan akan dibuka akhir tahun ini.

Saqqara, di selatan piramida Giza, telah memberikan aliran penemuan arkeologis yang stabil dalam beberapa tahun terakhir. Misi telah menggali di daerah tersebut sejak 2018.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini