Share

2 Rekannya Diserang OTK, Ratusan Nakes di Sorong Selatan Minta Perlindungan

Chanry Andrew S, iNews · Jum'at 03 Juni 2022 01:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 03 340 2604682 2-rekannya-diserang-otk-ratusan-nakes-di-sorong-selatan-minta-perlindungan-jRpch6SX9q.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

SORONG - Pasca dugaan aksi penyerangan terhadap dua nakes di Kabupaten Sorong Selatan, ratusan nakes di wilayah tersebut was-was dalam bekerja. Mereka meminta perlindungan dan jaminan keamanan pihak TNI-Polri.

Dinas kesehatan Kabupaten Sorong Selatan, pun mengumpulkan seluruh kepala puskesmas untuk diberikan arahan tentang keselamatan para nakes.

Dampak besar dari kejadian penyerangan dua tenaga medis yang terjadi pada Jumat pekan lalu, mengakibatkan dua korban nakes tersebut mengalami luka serius. Peristiwa tersebut mengakibatkan keresahan pada tenaga nakes yang bekerja di wilayah pedalaman.

Untuk memastikan kondisi keamanan mereka dalam melayani masyakarat di wilayah pedalaman dan pesisir Kabupaten Sorong Selatan, mereka terpaksa menunda tugas mereka dan mendatangi kantor dinas kesehatan untuk meminta kepastian perlindungan bagi keselamatan mereka.

Menurut sejumlah nakes, di tempat tugas mereka yang jauh dari ibu kota kabupaten, tidak ada aparat keamanan di wilayah tersebut. Hal tersebut yang membuat mereka khawatir dan was-was dalam menjalankan tugas.

"Kami menjadi was-was karena peristiwa tersebut," ujar seorang bidan bernama Susan, Kamis 2 Juni 2022.

Terkait hal tersebut, untuk memberikan semangat dukungan bagi para nakes, Pelaksanaan Tugas Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Sorong Selatan Marthina Atanay langsung mengumpulkan seluruh kepala puskemas dan perwakilan tenaga kesehatan yang bertugas di wilayah terpencil untuk diberikan arahan dan motivasi kepada mereka untuk tetap bekerja melaksanakan pelayanan di puskesmas masing-masing.

Ia menghimbau agar pihak nakes agar bekerja harus hati-hati saat pergi ke lokasi kerja yaitu puskesmas harus bersama-sama nakes lainya. Untuk kedua nakes yang menjadi korban setelah kondisinya pulih akan di pindahkan dari puskesmas saifi ke puskesmas yang berada di Kota Teminabuan.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Pelayanan kesehatan di Puskesmas Saifi saat ini masih di tutup sementara. Langkah tersebut dilakukan untuk memberikan rasa tenang bagi nakes yang bertugas.

Sebelumnya dua tenaga kesehatan yang bertugas di Puskesmas Saifi, distrik Saifi menjadi korban kebiadaban penyerangan orang tidak dikenal.

Keduanya diserang secara brutal dimana satu nakes sempat di tusuk dengan alat tajam hingga mengalami luka parah sementara satu nakes lainnya mengalami luka serius akibat terjatuh dari motor yang ditabrak oleh pelaku. Kini Keduanya telah menjalani perawatan intensif di RSUD Scolo Keyem.

Polres Sorong Selatan hingga saat ini masih terus memeriksa sejumlah saksi dan saksi kunci. Di mana dalam kejadian ini/pihak kepolisian telah mengantongi identitas pelaku.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini