Share

Meriah! Beragam Rangkaian Acara Menarik Ramaikan Jakarta Hajatan Ke-495

Yaomi Suhayatmi, · Rabu 22 Juni 2022 16:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 22 1 2616222 meriah-beragam-rangkaian-acara-menarik-ramaikan-jakarta-hajatan-ke-495-ID27vu87De.jpg Jakarta International Stadium. (Foto: okezone.com)

Hari ini, 22 Juni 2022, DKI Jakarta tepat berusia 495 tahun. Tentunya ini usia matang bagi DKI Jakarta untuk terus mengepakkan sayapnya ke kancah global dengan memberdayakan semua potensinya.

Semangat ini tercermin dalam HUT DKI Jakarta ke-495 bertajuk Jakarta Hajatan yang bertema kolaborasi, akselerasi dan elevasi. Tema ini memiliki filosofi yang penuh arti, yakni kolaborasi bermakna merayakan identitas sekaligus semangat Jakarta sebagai Kota Kolaborasi, akselerasi bermakna menunjukkan upaya kota Jakarta untuk terus maju, dan elevasi bermakna visi Jakarta yang terus bertumbuh di kancah global.

Tema Jakarta Hajatan juga mengandung pesan optimisme dan semangat kolaborasi sebagai identitas ibu kota. Jakarta sebagai kota kolaborasi bermakna mendorong pertumbuhan untuk menghadapi beragam isu global yang hadir di tengah ibu kota

Harapan dan makna juga termaktub dalam angka 495 dalam logo HUT Jakarta yang merupakan representasi usia kota saat ini. Unsur penyusun angka 495 merupakan ikon unik yang identik dengan kota Jakarta, seperti Ondel-ondel, Emas Monas, Bundaran HI, dan lain-lain.

Unsur dalam logo mengandung makna dan pesan tentang pencapaian kota Jakarta yang telah, sedang, dan akan terus dilakukan. Selain itu juga mengandung pesan mengenai upaya akselerasi kota yang terus mengelevasi diri dalam manusia, budaya, serta pembangunan lainnya.

Menariknya, semangat tersebut diawali selebrasi dan pencanangan digital nomad island di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, pada 24 Mei 2022. Hal ini dimaksudkan agar Pulau Bidadari dan kawasan wisata maupun pulau berpenduduk di Kabupaten Kepulauan Seribu dapat dikembangkan sebagai lokasi digital nomad island. Begitu juga untuk lokasi kawasan wisata dan ruang publik lainnya di seluruh wilayah Kota Administrasi Provinsi DKI Jakarta dapat dikembangkan sebagai lokasi digital nomad.

 

Foto: Dok. Sindonews

Seperti yang dilansir dari rilis resmi Pemprov DKI Jakarta, dalam sambutannya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan alasan pencanangan HUT DKI Jakarta tahun ini.

“Pertama, yang berbeda adalah tempat pencanangannya. Tahun ini, kami di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ingin memberi pesan tentang keberadaan Kepulauan Seribu sebagai bagian dari Jakarta yang kaya potensi pariwisata dan mampu memberikan pengalaman baik bagi setiap pengunjung yang hadir serta berkunjung ke sini,” kata Anies Baswedan.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengembangan pariwisata di Kepulauan Seribu dengan konektivitas yang tak terbatas ruang dan waktu. Pemprov DKI Jakarta telah memfasilitasi ratusan ruang publik yang dapat dimanfaatkan, baik di mainland dan island.

Pemerintah juga memberikan ruang kepada warga, wisatawan, pekerja, serta penggiat bisnis untuk mengembangkan dan berinovasi di kawasan wisata, rekreasi, serta ruang publik lainnya di Jakarta.

Saat ini Pemprov DKI Jakarta telah memasang ribuan akses internet yang cepat dan gratis di ruang-ruang publik Jakarta, seperti RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak), taman, gedung pemerintah, sekolah, rumah susun, dan lingkungan RT/RW di permukiman warga melalui JakWifi.

Acara-acara Hajatan Jakarta

Pemprov DKI Jakarta menggelar perayaan HUT ke-495 Jakarta selama sebulan penuh mulai 24 Mei hingga 25 Juni 2022. Berbagai acara digelar dalam rangkaian Jakarta Hajatan seperti Jakarta Weekend Walking, Cycling and Running Tour, dan Jakarta International Java Jazz.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan, Upacara Peringatan HUT Ke-495 Kota Jakarta, Jakarta Concert di Taman Ismail Marzuki (TIM), Pekan Kolaborasi Daerah, Formula-E, Jakarta Awards, serta malam resepsi. Selain itu digelar pula aktivasi mural wilayah, instalasi, pertunjukan musik, pameran, hingga acara rutin Sidang Paripurna DPRD.

Jakarta Hajatan ke-495 akan ditutup dengan closing ceremony bersamaan dengan grand launching Jakarta International Stadium (JIS) pada 25 Juni 2022. Menurut Sekda Pemprov DKI Jakarta Marullah Matali, pemilihan JIS sebagai lokasi puncak HUT ke-495 Jakarta untuk mengenalkan stadion itu kepada masyarakat luas.

"Beberapa bulan belakangan ini kami memang memperkenalkan JIS sebagai sebuah tempat yang berhasil dibangun oleh Pemprov DKI selama beberapa tahun dan bisa kami selesaikan tahun ini," ucapnya. Dirgahayu DKI Jakarta.

CM

(Wul)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini