Share

Bayi Mammoth Ditemukan Membeku, Berusia 30.000 Tahun

Susi Susanti, Okezone · Minggu 26 Juni 2022 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 26 18 2618437 bayi-mammoth-ditemukan-membeku-berusia-30-000-tahun-tNI1l1M6NB.jpg Bayi mammoth ditemukan membeku di Yukon, Kanada (Foto: Pemerintah Yukon)

YUKON - Seekor bayi mammoth berbulu telah ditemukan membeku di permafrost barat laut Kanada. Ini menjadi penemuan pertama di Amerika Utara.

Mammoth zaman es yang dimumikan diperkirakan berusia lebih dari 30.000 tahun. Hewan ini ditemukan penambang emas di wilayah Klondike Yukon pada Selasa (21/6/2022).

CBC News mengatakan Nun cho ga ditemukan setelah seorang penambang memanggil bosnya untuk memeriksa sesuatu yang terkena buldosernya di lumpur di Eureka Creek, selatan Dawson City.

Daerah penemuan itu milik Bangsa Pertama Tr'ondek Hwech'in. Pemerintah Yukon membandingkannya dengan penemuan bayi mamut Rusia di lapisan es Siberia pada 2007.

Baca juga: Ilmuwan Klaim Bisa Hidupkan Kembali Mammoth yang Punah Ribuan Tahun Silam

Sebuah laporan mengatakan ini adalah mammoth mumi paling lengkap yang ditemukan di Amerika Utara dan hanya yang kedua yang ditemukan di dunia.

Baca juga: Kerangka Mammoth Ditemukan di Meksiko, Ungkap Cara Manusia Purba Berburu

Bayi itu, yang diduga perempuan, diberi nama Nun cho ga, yang berarti "bayi hewan besar" dalam bahasa Han yang digunakan oleh penduduk asli Amerika di daerah itu.

"Nun cho ga cantik dan salah satu mumi hewan zaman es paling luar biasa yang pernah ditemukan di dunia," kata ahli paleontologi Yukon, Grant Zazula.

Pemerintah Yukon dalam siaran pers mengatakan bayi mammoth itu ukurannya hampir sama dengan bayi Siberia yang ditemukan Lyuba pada 2007, yang berusia sekitar 42.000 tahun.

Ini adalah mammoth berbulu terbaik yang ditemukan di Amerika Utara. Sisa-sisa sebagian dari anak sapi mammoth, bernama Effie, ditemukan pada tahun 1948 di sebuah tambang emas di negara tetangga Alaska.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini