Share

Hujan Landa Maluku Tenggara, Sejumlah Rumah Rusak Diterjang Banjir Bandang

Dedi Umar, iNews · Senin 27 Juni 2022 11:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 27 340 2618851 hujan-landa-maluku-tenggara-sejumlah-rumah-rusak-diterjang-banjir-bandang-4JXvkKBM9k.jpg Illustrasi (foto: dok Antara)

MALUKU - Hujan deras yang mengguyur wilayah Dusun Banda UI Jaya, Kecamatan Kei Besar Utara Timur, Maluku Tenggara, Maluku, sejak Minggu (26/6) malam hingga Senin (24/6/2022), mengakibatkan kali di lereng gunung meluap hingga ke pemukiman warga.

Tercatat, sebanyak sembilan rumah warga di dusun UI Jaya mengalami kerusakan lantaran diterjang banjir bandang.

Informasi yang dihimpun dari pemuda setempat, Fahrudin, luapan air disertai material batu dan lumpur, menerjang perkampungan warga, sejumlah rumah rusak. Hingga saat ini, warga hanya bisa berggotong royong mengevakuasi puing-puing rumah yang rusak dan membersihkan lumpur yang tergenang di sejumlah rumah dampak banjir.

 BACA JUGA:Cerita Korban Selamat Banjir Bandang Pamijahan Bogor: Air Datang di Waktu Salat Maghrib

Hingga kini belum ada keterangan resmi dari BPBD Kabupaten Maluku Tenggara, terkait kerusakan maupun korban jiwa. Namun dikabarkan sedikitnya ada 2 rumah warga yang rusak parah, dan 7 rumah lainya mengalami rusak ringan.

Fahrudin juga menambahkan, Peristiwa seperti ini bukan sekali ini saja di rasakan oleh warga UI, namun dari tahun ke tahun warga setempat selalu menjadi langganan banjir bandang.

 BACA JUGA:Banjir Bandang Terjang Leuwiliang, Puluhan Rumah Terendam Lumpur, Warga Mengungsi

"Dusun kami sudah menjadi langganan banjir disaat musim hujan seperti ini," katanya.

Fahrudin juga mengharapkan adanya perhatian serius dari pemerintah, baik pemerintah daerah, Provinsi bahkan pemerintah pusat.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini