Share

Bukan karena Prestasi, 5 WNI Ini Terkenal Atas Kejahatannya di Luar Negeri

Susi Susanti, Okezone · Selasa 28 Juni 2022 11:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 28 18 2619510 bukan-karena-prestasi-5-wni-ini-terkenal-atas-kejahatannya-di-luar-negeri-p61aXG2dE7.jpg WNI Reynhard Sinaga yang melakukan aksi pemerkosaan massal di Inggris (Foto: BBC)

JAKARTA – Beberapa Warga Negara Indonesia (WNI) terkenal karena prestasinya hingga ke mancanegara. Namun sebagian WNI juga ada yang menjadi incaran karena aksi kejahatannya yang dibawanya hingga ke luar negeri.

Berikut beberapa nama WNI yang terkenal karena aksi kejahatan yang dilakukannya di beberapa negara.

1. Siti Aisyah

Siti Aisyah dituduh membunuh saudara tiri Presiden Korea Utara Kim Jong-un di sebuah bandara. Melalui siaran pers kepolisian Malaysia, pelaku diketahui bernama Siti Aisyah. Dia dituduh membunuh Kim Jong-nam menggunakan racun.

Baca juga: Kasus Pembunuhan Kakak Tiri Kim Jong-un, Ini Pengakuan WNI Siti Aisyah di Pengadilan!

Perempuan itu lahir di Serang, Banten pada 11 Februari 1992. Belum diketahui lebih lanjut mengenai alasan kehadiran Siti di bandara tersebut. Siti membantah tuduhan itu dan mengklaim jika dirinya disuruh oleh dua pria dan iming-imingi uang sebesar RM400 atau setara Rp1,4 juta.

2. Fakhri Anang

Fakhri tercatat sebagai mahasiswa asal Indonesia yang menuntut ilmu di Universitas Northumbria, Inggris. Dia dituduh berbuat mesum dengan remaja di bawah umur.

Baca juga:  Hukuman Reynhard Sinaga "Predator Seksual" Diperberat Jadi 40 Tahun Penjara   

Dikutip BBC, Fakhri dihukum delapan bulan penjara dengan percobaan dua tahun di Newcastle, Inggris, setelah terjaring pemburu paedofil online menyusul percakapannya terkait keinginannya untuk berhubungan seks dengan anak di bawah umur.

Fakhri diketahui mengontak profil palsu bernama Zen pada tanggal 2 Mei lalu yang didirikan kelompok bawah tanah Guardians of the North. Melalui profil Zen, yang mengaku berusia 14 tahun, Fakhri meminta anak laki ini untuk melakukan aktivitas seksual.

3. Khassanah

Khassanah diduga membunuh majikannya di Singapura Chia Ngim Fong (79) dan istrinya Chin Sek Fah (78. Dia ditangkap di Jambi semingga setelah pembunuhan itu terjadi.

Awalnya sang anak majikan-lah yang menemukan kedua orangtuanya dalam kondisi tewas mengenaskan di rumah. Dia pun langsung melaporkan kejadian itu ke polisi.

4. Azura Luna Mangunhardjo

Nama Azura Luna Mangunhardjo menjadi bahan pembicaraan setelah banyak diberitakan di media luar atas kasus penipuan. Awalnya seorang perempuan bernama Sophie, warga negara Los Angeles mengaku telah ditipu oleh Azura.

Dia mengatakan dirinya telah membeli beberapa tas tangan branded milik Azura seharga lebih dari USD86.000 atau setara dengan Rp.1,2 miliar. Namun setelah diselidiki ternyata itu adalah tas palsu. Merasa ada yang janggal, Sophia pun langsung melaporkan Azura ke polisi. Tak lama kemudian Azura pun ditangkap.

5. Reynhard Sinaga

Reynhard Sinaga mendadak viral di Indonesia setelah dijatuhi hukuman seumur hidup oleh Pengadilan Manchester, Inggris. Dia terbukti dalam 159 kasus pemerkosaan dan serangan seksual terhadap 48 korban pria.

Kasus itu terjadi selama rentang waktu dua setengah tahun dari 1 Januari 2015 sampai 2 Juni 2017. Kasus yang dilakukan Reynhard menjadi kasus pemerkosaan terbesar di Inggris hingga menjadi pusat perhatian dunia.

Ternyata setelah diselidiki, Reynhard merupakan WNI yang lahir di Jambi dan tinggal di perumawan mewah di Depok, Jawa Barat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini