Share

Bantu Pembunuhan 3.518 Tahanan, Penjaga Kamp Nazi Usia 101 Tahun Dihukum Penjara 5 Tahun

Susi Susanti, Okezone · Rabu 29 Juni 2022 09:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 29 18 2620155 bantu-pembunuhan-3-518-tahanan-penjaga-kamp-nazi-usia-101-tahun-dihukum-penjara-5-tahun-VBeL3HoNV0.jpg Mantan penjaga kamp Nazi dihukum penjara 5 tahun karena membantu pembunuhan ribuan tahanan (Foto: Reuters)

BERLIN - Seorang mantan penjaga kamp konsentrasi Nazi yang diidentifikasi sebagai Josef S telah dijatuhi hukuman penjara lima tahun  karena membantu pembunuhan ribuan tahanan di Sachsenhausen dekat Berlin, Jerman.

Penjahat Nazi tertua yang pernah diadili di pengadilan Jerman ini selalu menyangkal menjadi penjaga SS di kamp. Dia dinyatakan bersalah membantu dan bersekongkol dalam pembunuhan 3.518 orang.

Dia terlibat dalam penembakan tawanan perang Soviet dan pembunuhan orang lain dengan gas Zyklon B.

Diketahui, puluhan ribu orang tewas di Sachsenhausen selama Perang Dunia Kedua karena kelaparan, kerja paksa, eksperimen medis, dan pembunuhan oleh SS. Lebih dari 200.000 orang dipenjara di sana, termasuk tahanan politik serta orang Yahudi, Roma dan Sinti (Gipsi).

Baca juga: Eks Penjaga Kamp Konsentrasi Nazi Berusia 100 Tahun Akan Diadili di Jerman

"Saya tidak tahu mengapa saya duduk di sini di tong dosa ini. Saya benar-benar tidak ada hubungannya dengan itu," kata Josef S dalam pernyataan penutupnya pada malam vonis di Brandenburg an der Havel.

Baca juga: Kagumi Hitler, Pasangan Ini Gelar Pernikahan Gaya Nazi 

Hakim Udo Lechtermann mengatakan kepadanya bahwa meskipun klaimnya bertentangan, pengadilan telah menemukan bahwa dia telah bekerja di kamp konsentrasi selama sekitar tiga tahun sejak tahun 1942. "Anda dengan sukarela mendukung pemusnahan massal ini melalui pekerjaan Anda," katanya.

Mengadili penjaga kamp Nazi hanya dimungkinkan pada 2011, ketika mantan penjaga SS John Demjanjuk dinyatakan bersalah. Putusan itu mendorong pencarian individu yang masih hidup.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

Empat tahun kemudian, yang disebut "penjaga buku Auschwitz", Oskar Gröning, dijatuhi hukuman penjara. Seorang mantan sekretaris kamp konsentrasi berusia 97 tahun saat ini juga diadili di Jerman utara.

Josef S tidak sepenuhnya diidentifikasi di Jerman karena konvensi privasi. Meskipun nama dan rincian kelahirannya diberikan pada dokumen penjaga SS, dia mengaku tidak berada di kamp dan bekerja sebagai buruh tani.

Pengacara telah meminta pembebasannya dan akan mengajukan banding terhadap hukuman penjara.

Dia tidak mungkin menjalani hukumannya karena pengadilan tertinggi Jerman pertama-tama harus memutuskan apakah akan mengizinkan bandingnya, dan itu akan memakan waktu beberapa bulan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini