Share

Jokowi Beli Sapi Jumbo untuk Idul Adha, Namanya Vino Begini Penampakannya

Huzair Zainal, iNews · Rabu 29 Juni 2022 15:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 29 340 2620465 jokowi-beli-sapi-jumbo-untuk-idul-adha-namanya-vino-begini-penampakannya-UaZBWB5aae.jpg Sapi kurban Presiden Jokowi (Foto: Huzair Zainal)

SULBAR - Seekor sapi berukuran jumbo berhasil memikat Presiden Joko Widodo (Jokowi). Alhasil, Presiden Jokowi pun membelinya sebagai sapi bernama Vino itu untuk kurban di Hari Raya Idul Adha 1443 H. 

Sapi milik warga Kecamatan Wonomulyo, Polewali Mandar, Sulawesi Barat itu telah melewati berbagai pemeriksaan ketat dan dipastikan bebas dari wabah penyakit mulut dan kuku (PMK). Rencananya, sapi berbobot 1 ton lebih ini akan di sembelih pada saat hari raya kurban nanti.

Sapi milik Ahmad, peternak asal Desa Kebun Sari, Kecamatan Wonomulyo yang diberi nama Vino ini bukanlah sapi yang biasa. Di mana, sapi berbobot 1 ton lebih jenis limosin ini berhasil lolos sebagai sapi yang hendak dibeli oleh orang nomor 1 di Indonesia yakni Presiden Jokowi.

Sejak sapi milik Ahmad telah dinyatakan lolos seleksi ketat sebagai sapi kurban Presiden setiap harinya sapi tersebut di rawat layaknya manusia.

Tak hanya dalam segi kebersihan. Namun, juga pemberian makan yang diberikan sapi ini merupakan makanan khusus. Di mana, setiap hari sapi tersebut diberi makanan berupa batang pohon pisang, ampas tahu serta dedaunan khusus untuk membuat sapi tersebut tetap sehat. 

Pemberian makanan bahkan diberi jadwal tertentu, di mana pagi harinya menu khusus batang pisang dan siang ampas tahu serta sore harinya daun segar.

Diketahui, usia sapi 2,5 tahun memiliki bobot 1 ton, 100 Kilogram ini juga dinyatakan sehat dan bebas dari PMK. Kondisi sapi ini sendiri memang terlihat sehat dan juga bersih, bahkan kandang sapi dibersihkan oleh pemiliknya hingga tiga kali sehari.

Pemilik sapi mengaku sangat senang sapi miliknya dibeli Presiden Jokowi seharga Rp100 juta. Sapi ini sendiri lolos setelah melalui tahapan seleksi ketat dari tiga ekor sapi lainnya oleh dinas peternakan.

Seleksi dan pemeriksaan ketat meliputi cek kesehatan sapi, ukuran tubuh sapi serta bobot sapi. Bahkan, di tengah wabah PMK sapi tersebut harus bebas dari gejalah mulut dan kuku.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini