Share

Ambil Keputusan Bersejarah, NATO Akan Undang Finlandia dan Swedia untuk Bergabung

Susi Susanti, Okezone · Kamis 30 Juni 2022 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 30 18 2621072 stoltenberg-nato-akan-undang-finlandia-dan-swedia-untuk-bergabung-faXGkjkqhm.jpg Sekjen NATO Jens Stoltenberg (Foto: Reuters)

MADRID - Sekretaris Jenderal Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) Jens Stoltenberg, Rabu (29/6/2022) mengkonfirmasi bahwa para pemimpin NATO secara resmi telah mengundang Finlandia dan Swedia untuk bergabung dengan aliansi tersebut.

โ€œHari ini, para pemimpin NATO mengambil keputusan bersejarah untuk mengundang Finlandia dan Swedia menjadi anggota NATO. Perjanjian yang dibuat semalam oleh Turki, Finlandia dan Swedia, membuka jalan bagi keputusan ini,โ€ kata Stoltenberg, dikutip VOA.

Berbicara pada konferensi pers pada hari pertama KTT NATO di Madrid, Stoltenberg mengatakan kesepakatan antara aliansi, Finlandia, Swedia dan Turki, Selasa malam (28/6/2022) telah membuka jalan bagi keputusan ini.

Baca juga:ย Mantan Presiden Rusia: Setiap Gangguan NATO di Krimea Bisa Picu Perang Dunia III

Dilansir AP, dia juga membahas "konsep strategis" baru yang didukung oleh para pemimpin aliansi, memperbarui konsep sebelumnya yang disepakati pada 2010.

Baca juga:ย Hadapi Ancaman Rusia, NATO Siapkan Pasukan Reaksi Cepat dari 40.000 Tentara Jadi 300.000 Prajurit

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Menurut Stoltenberg perjanjian tersebut menetapkan bahwa "Rusia merupakan ancaman paling signifikan dan langsung terhadap keamanan kami."

Stoltenberg juga menambahkan China bukan musuh NATO, tetapi kebijakan agresif Beijing menantang kepentingan, keamanan, dan nilai-nilai aliansi itu.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini