Share

Pesawat Emirates Terbang 14 Jam dengan Lubang Menganga di Sayap

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 06 Juli 2022 11:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 06 18 2624485 pesawat-emirates-terbang-14-jam-dengan-lubang-menganga-sayap-LhewzGr3RO.jpg Foto: Twitter/JACDENNEW.

DUBAI - Pilot dan penumpang penerbangan Emirates dari Dubai ke Brisbane, Australia terkejut menemukan bahwa mereka melakukan perjalanan 14 jam dengan lubang besar di sisi pesawat Airbus A380 yang mereka tumpangi.

Menurut Aviation Herald, yang melacak insiden keselamatan maskapai, awak dan penumpang penerbangan EK-430 pada Jumat (1/7/2022) melaporkan ledakan keras sekira 45 menit setelah pesawat lepas landas dari bandara utama Dubai. Pilot percaya bahwa salah satu ban pesawat mungkin meledak dan memberi tahu kontrol lalu lintas udara di Brisbane, meminta layanan darurat untuk siaga.

BACA JUGA: Mengerikan, Badan Pesawat Berlubang di Ketinggian 10 Ribu Kaki

Setelah pesawat berhasil mendarat dan penumpang turun dari pesawat, para teknisi menemukan lubang besar menganga di fairing akar sayap kiri.

Emirates kemudian menjelaskan kepada The Independent bahwa insiden itu adalah akibat dari salah satu dari 22 ban A380 yang mengalami kesalahan teknis saat lepas landas.

BACA JUGA: Mesin Berlubang, Pesawat China Eastern Mendarat Darurat Sesaat Pasca-Lepas Landas

“Ban pecah dan merusak ‘sebagian kecil fairing aerodinamis, yang merupakan panel luar atau kulit pesawat’,” kata juru bicara Emirates kepada outlet itu. Dia mencatat bahwa tidak ada “dampak pada badan pesawat, rangka atau struktur pesawat” sebagai akibat dari insiden tersebut.

"Pesawat mendarat dengan selamat di Brisbane dan semua penumpang turun sesuai jadwal," kata juru bicara itu sebagaimana dilansir RT.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Menurut maskapai, jet penumpang telah sepenuhnya diperbaiki dan fairingnya diganti, diperiksa, dan dibersihkan oleh para insinyur dan semua otoritas terkait lainnya. A380 kembali ke Dubai pada Minggu (3/7/2022).

A380 dianggap sebagai pesawat penumpang terbesar di dunia. Namun, seperti yang dicatat oleh The Independent, kepopulerannya mulai berkurang dalam beberapa tahun terakhir karena pandemi.

Model ini tampaknya akan kembali mengudara karena beberapa maskapai penerbangan, termasuk Qantas dan Singapore Airlines, telah mengumumkan bahwa mereka akan mengembalikannya ke layanan untuk mengatasi lonjakan permintaan perjalanan baru-baru ini menyusul pencabutan pembatasan Covid-19 di seluruh dunia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini