Share

Kapal Penumpang Milik Pemda Mentawai Terbakar

Rus Akbar, Okezone · Rabu 13 Juli 2022 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 13 340 2629104 kapal-penumpang-milik-pemda-mentawai-terbakar-aPoJvDJ3HU.jpg Kapal terbakar di Mentawai (foto: dok ist)

MENTAWAI - Satu Kapal Motor Penumpang (KMP) dengan nama lambung Beriloga terbakar saat bersandar di Dermaga Tuapeijat, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada Rabu (13/7/2022) sekira pukul 14.08 WIB.

Kepala Kantor SAR Mentawai, Akmal mengatakan, peristiwa tersebut dilaporkan terbakar ke pihaknya pada pukul 14.08 WIB oleh Kapten KM Simasin, Agus Saputra.

"Kami langsung mengerahkan personel ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk memadamkan api tersebut," kata Akmal.

 BACA JUGA:Kapal KM Prince Soya Terbakar di Pelabuhan Nusantara Parepare, Ribuan Penumpang Terlantar

Akmal mengatakan, pihaknya menerjunkan water cannon milik KN SAR Ramawijaya untuk memadamkan api yang sempat membara yang juga bersandar di pelabuhan yang sama.

"Tidak ada korban jiwa dan kendala yang kami hadapi saat memadamkan api," katanya.

 BACA JUGA:Dihempas Angin Kencang, 2 Kapal Kandas di Bali

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Tohap Matua Nababan, menjelaskan penyebab terbakarnya kapal tersebut belum diketahui secara pasti, pihaknya menduga ada pihak yang main atau merokok di kapal sehingga menyebabkan kebakaran.

"Kita hanya menduga saja mungkin anak orang yang main-main di dalam dan melempar puntung rokok yang memicu terjadinya kebakaran, karena ada bahan di dalam yang muda terbakar," jelas Tohap ketika dihubungi.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Kata Tohap terkait kapal tersebut sebenarnya sudah lama tidak beroperasi karena sudah tidak layak pakai.

"Kapalnya sebenarnya tidak layak berlayar lagi dan itu sudah diusulkan untuk dilelang dan sudah banyak bagian kapal yang bocor," ujar Tohap.

Api baru bisa dipadamkan setelah 45 menit tim pemadam yang terus berupaya memadamkan api. Kondisi kapal setelah pemadaman terbakar pada bagian atap kapal, kamar yang menjadi tempat peristirahatan penumpang habis hanya menyisakan puing-puing.

Sebelumnya kapal tersebut dipakai untuk kapal penumpang antar pulau yang ada di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Kapal tersebut jenis kayu.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini