Share

AS Tuduh Rusia Akan Beli Drone Iran, Kremlin Tolak Angkat Bicara

Susi Susanti, Okezone · Kamis 14 Juli 2022 10:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 14 18 2629322 as-tuduh-rusia-akan-beli-drone-iran-kremlin-tolak-angkat-bicara-mYUa9T0FXM.jpg Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov (Foto: AFP)

RUSIAKremlin mengatakan dugaan pembelian drone Iran oleh Rusia tidak akan dibahas ketika Presiden Rusia Vladimir Putin mengunjungi Iran minggu depan.

Pada Selasa (12/7/2022), Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih, Amerika Serikat (AS) Jake Sullivan mengatakan kepada wartawan bahwa AS memiliki informasi yang menunjukkan bahwa Iran sedang bersiap untuk memasok Rusia dengan drone - termasuk drone berkemampuan senjata - dan mulai melatih pasukan Rusia tentang cara mengoperasikannya pada awal bulan ini.

Ketika ditanya tentang tuduhan itu selama panggilan konferensi dengan wartawan pada Rabu (13/7/2022), juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepresidenan Rusia “tidak memiliki komentar tentang masalah ini.”

 Baca juga: AS Peringatkan Iran Berencana Pasok Drone ke Rusia, Termasuk Drone Tempur

Dia kemudian menambahkan topik itu tidak akan dibahas ketika Putin melakukan perjalanan ke Iran pada Selasa (19/7/2022).

Baca juga: Jawab Klaim AS Soal Pengiriman Drone, Iran Tegaskan Tak Akan Bantu Rusia dan Ukraina

Kremlin juga mengomentari kunjungan Presiden AS Joe Biden ke Timur Tengah, dengan Peskov mengatakan bahwa dia berharap "diplomasi minyak" Biden tidak akan membuat Arab Saudi melawan Rusia.

“Kami menghargai pekerjaan yang dapat kami lakukan dengan mitra kami [dalam kerangka perjanjian OPEC+], termasuk dengan mitra terkemuka seperti Arab Saudi,” terangnya.

“Kami sangat menghargai kepentingan dan interaksi kami dengan Riyadh. Tentu saja, kami berharap pengembangan hubungan Riyadh dengan ibu kota dunia lainnya tidak ditujukan kepada kami,” tambahnya.

Sementara itu, menurut Sullivan, Biden akan bertemu dengan para pemimpin Saudi selama perjalanannya ke Arab Saudi minggu ini dengan tujuan untuk memperkuat kemitraan antar negara, dan dia juga akan mengadakan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin Timur Tengah lainnya sebelum menutup perjalanan dengan KTT GCC+3.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini