Share

Kenang Pengorbanan Tentara PBB pada Perang Korea, Pahlawan yang Gugur Tidak Pernah Terlupakan

Susi Susanti, Okezone · Kamis 28 Juli 2022 12:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 28 18 2637743 kenang-pengorbanan-tentara-pbb-pada-perang-korea-pahlawan-yang-gugur-tidak-pernah-terlupakan-6biPw34odf.JPG Perang Korea (Foto: Antara/Reuters)

SEOUL - Korea Selatan (Korsel) mengadakan upacara tahunan pada Rabu (27/7/2022) untuk mengenang pengorbanan tentara Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang meninggal dalam Perang Korea pada 1950-1953.

Upacara tersebut menegaskan bahwa para pahlawan yang gugur tidak akan pernah dilupakan. Hari Veteran PBB Perang Korea diadakan di Dongdaemun Design Plaza di pusat kota Seoul dan diselenggarakan oleh Badan Urusan Pejuang dan Veteran dengan slogan “Kita berjalan Bersama” dan dihadiri sekitar 1.000 peserta termasuk veteran perang, pejabat senior pemerintahan dan anggota militer.

Seperti yang diberitakan Yonhap, Rabu (27/7/2022), Perdana Menteri (PM) Han Duck-soo pada pidato peringatan 69 tahun gencatan senjata yang mengakhiri perang korea mengatakan saat ini Korea Utara masih mengancam keamanan Korea Selatan.

Baca juga: Korsel-China Sepakat Pulangkan Jasad Tentara Perang Korea Kloter ke-9, 825 Jenazah Sudah Dipulangkan

Dia menambahkan bahwa Korea Selatan akan selalu mengingat rasa kemanusiaan yang ditunjukkan oleh para tentara PBB tersebut.

Baca juga:  Sisa-Sisa Jenazah 109 Tentara China Korban Perang Korea Dipulangkan

Dikutip Antara, acara tersebut dibuka oleh marching band Angkatan Bersenjata ke Delapan AS dan kementerian pertahanan Korea Selatan dengan memainkan lagu rakyat “Arirang”.

Selama upacara berlangsung bendera nasional dari 22 negara yang membantu Korea Selatan selama perang dikibarkan beriringan dengan bendera Korea Selatan dan PBB.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sejumlah atraksi juga ditampilkan sebagai penghormatan kepada mereka yang berjuang di bawah payung PBB selama konflik tiga tahun itu.

Selama terjadinya konflik, sekitar 1,95 juta tentara dari 22 negara PBB berperang membantu Korea Selatan untuk menghalau serangan Korea Utara yang didukung China.

Lebih dari 37 ribu prajurit gugur saat bertempur, sementara 3.950 lainnya dinyatakan hilang.

Dalam Perang Korea, Amerika Serikat (AS) menurunkan 1,78 juta pasukan dan 33.686 diantaranya gugur dalam pertempuran.

Han mengatakan selain terus mengupayakan dialog dan kerja sama, Korea Selatan akan melanjutkan berbagai upaya terkait keamanan berdasarkan aliansi yang kuat dengan AS.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini