Share

Bius dan Lakukan Pelecehan Seksual ke 4 Pasien, Selandia Baru Deportasi Dokter Malaysia

Susi Susanti, Okezone · Kamis 04 Agustus 2022 14:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 04 18 2641967 bius-dan-lakukan-pelecehan-seksual-ke-pasien-selandia-baru-deportasi-dokter-malaysia-7LExXxEBdM.jpg Selandia baru deportasi dokter Malaysia usai membius dan melakukan pelecehan seksual ke pasien (Foto: CNA)

SINGAPURA - Seorang dokter Malaysia yang melakukan pelecehan seksual terhadap para pasien setelah membius mereka telah dideportasi dari Selandia Baru kembali ke Malaysia.

Menurut laporan media pada Rabu (3/8/2022), David Lim Kang Huat dihukum karena melakukan pelecehan seksual terhadap empat pria saat mereka tidak sadarkan diri di sebuah klinik yang terletak di Hastings, sebuah kota di Pulau Utara Selandia Baru pada 2014.

New Zealand Herald melaporkan para korban, yang telah berkonsultasi dengan Lim untuk penyakit ringan, dibius dengan anestesi Midazolam.

Mereka pun terbangun saat dokter umum itu sedang memegang bagian pribadi mereka.

Dalam sebuah laporan dari 2017 yang meliput sidang pengadilan Lim, surat kabar itu mengutip seorang jaksa penuntut yang mengatakan para korban berusia antara 18 dan 30 tahun.

Baca juga: Kesepian, Pria di Lahat Tega Cabuli 2 Anak Tetangga

Situs media berita Selandia Baru Stuff melaporkan, Lim, yang dilaporkan telah berubah identitas dari laki-laki menjadi perempuan saat di penjara, dijatuhi hukuman lima tahun penjara pada 2017 setelah dinyatakan bersalah atas lima tuduhan melumpuhkan atau membodohi dan lima tuduhan penyerangan tidak senonoh terhadap seorang pria di atas usia 16 tahun.

Baca juga: Terima Ancaman Bom, Belasan Sekolah di Selandia Baru Diamankan dan Dievakuasi

Lim, yang diberi pemberitahuan deportasi pada Desember 2017 saat berada di penjara, tidak akan diizinkan kembali ke Selandia Baru, berdasarkan keputusan dewan pembebasan bersyarat baru-baru ini.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Setahun setelah dijatuhi hukuman, pengadilan disiplin juga melarang Lim berpraktik kedokteran di negara itu.

Menurut New Zealand Herald, Lim terus menyangkal kejahatan selama sidang pada 26 Januari lalu. Dia juga tidak menyelesaikan perawatan yang bertujuan untuk mengurangi risiko pelaku seks mengulangi kejahatan mereka.

Hukuman Lim berakhir pada 1 Juni lalu. Seorang juru bicara Kementerian Bisnis, Inovasi dan Ketenagakerjaan mengkonfirmasi dengan New Zealand Herald bahwa Lim dideportasi dua hari kemudian.

Seorang manajer umum verifikasi dan kepatuhan di Immigration NZ mengatakan pemerintah menanggung biaya deportasi Lim.

"Kami memprioritaskan kasus untuk deportasi dengan mereka yang terlibat dalam kriminalitas atau yang menimbulkan risiko terhadap integritas sistem imigrasi Selandia Baru menjadi kasus prioritas tertinggi untuk deportasi," katanya seperti dikutip New Zealand Herald.

Menurut laporan media, lahir di Malaysia dan dilatih di Skotlandia, Lim pindah ke Selandia Baru pada 2006 untuk bekerja di Rumah Sakit Hawke's Bay.

Dokter itu menghabiskan tiga tahun sebagai registrar di sana, sebelum bekerja penuh waktu di klinik The Doctors di Hastings.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini