Share

Penyelamatan Anjing Terbesar di AS, 4.000 Anjing Berhasil Diselamatkan dari Eksperimen Pengobatan

Susi Susanti, Okezone · Rabu 10 Agustus 2022 12:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 10 18 2645277 penyelamatan-anjing-terbesar-di-as-4-000-anjing-berhasil-diselamatkan-dari-eksperimen-pengobatan-NxwSjgvuFN.jpg 4.000 anjing berhasil diselamatkan dari eksperimen pengobatan (Foto: KCTV5)

VIRGINIA - Hampir 4.000 anjing beagle mencari rumah baru setelah apa yang dianggap sebagai salah satu upaya penyelamatan anjing terbesar di Amerika Serikat (AS).

Anjing-anjing itu dibiakkan di sebuah fasilitas di Virginia yang kemudian menjualnya ke laboratorium untuk eksperimen obat.

Tetapi perusahaan itu sekarang telah ditutup karena pelanggaran hak-hak hewan - dan badan amal sedang dalam misi untuk merumahkan kembali anjing-anjing itu.

 Baca juga: Imbas Musim Panas, Kucing dan Anjing Pakai Baju yang Dilengkapi Kipas Angin Seharga Rp1 Juta

"4.000 adalah jumlah yang besar," kata Kitty Block, kepala Humane Society.

"Dan itu akan memakan waktu 60 hari untuk mengeluarkan semua hewan ini, dan bekerja dengan mitra penampungan dan penyelamatan kami di seluruh negeri, bekerja dengan mereka untuk membawa anjing-anjing ini akhirnya ke rumah yang penuh kasih," lanjutnya kepada Reuters.

 Baca juga: Hati-Hati, di Negara Ini Pemilik Hewan Peliharaan Bisa Dijebloskan ke Penjara

Fasilitas penangkaran di Cumberland, yang dimiliki oleh perusahaan Envigo RMS, digugat pada Mei lalu oleh Departemen Kehakiman AS yang menuduhnya melakukan berbagai tindakan kekejaman terhadap hewan.

Inspektur menemukan beberapa anjing dibunuh alih-alih menerima perawatan hewan untuk kondisi yang dapat dengan mudah diobati. Mereka juga diberi makan dengan makanan yang mengandung belatung, jamur dan kotoran, sementara beberapa ibu menyusui tidak diberi makan.

Dalam contoh lain, 25 anak anjing mati karena paparan dingin.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

CBS News melaporkan, menyusul gugatan itu, perusahaan tersebut membantah tuduhan itu tetapi mengumumkan akan menutup fasilitas itu, dan menempatkan anjing-anjing itu ke badan amal hak-hak hewan Humane Society.

Anjing beagle sekarang sedang menjalani pemeriksaan medis dan vaksinasi sebelum tersedia untuk diadopsi.

Senator negara bagian Virginia Bill Stanley mengatakan kepada Reuters bahwa penyelamatan itu adalah hasil dari perjuangan selama bertahun-tahun.

"Saya bisa membuktikan betapa hebatnya anjing-anjing ini karena saya punya dua," ujarnya.

"Saya membeli dua anjing beagle Envigo itu pada 2020 dan 2021. Anjing beagle itu saya beli karena saya tidak ingin mereka bereksperimen. Dan sekarang saya tahu bahwa saudara dan saudari mereka juga tidak akan dijadikan eksperimen,” ungkapnya.

Beberapa anjing telah dipulangkan di seluruh AS - termasuk 200 anjing yang diterbangkan ke California selatan.

Badan amal rehoming mengatakan banyak hewan menunjukkan tanda-tanda trauma, dan beberapa anak anjing tidak pernah dipegang dan tidak tahu cara bermain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini