Share

Wabah Cacar Monyet Melonjak, WHO Prihatin 10 Monyet Diracun di Brasil

Susi Susanti, Okezone · Rabu 10 Agustus 2022 16:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 10 18 2645482 wabah-cacar-monyet-melonjak-who-prihatin-10-monyet-diracun-di-brasil-rBtLvmYSKH.jpg WHO prihatin serangan ke monyet di Brasil (Foto: PTI Photo)

SAO PAULO - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Selasa (9/8/2022) menyatakan kesedihan dan prihatin atas pembunuhan monyet di Brasil di tengah kekhawatiran penularan cacar monyet.

Situs berita Brasil G1 melaporkan pada Minggu (7/8/2022) bahwa 10 monyet telah diracuni dalam waktu kurang dari seminggu di kota Sao Jose do Rio Preto, di negara bagian Sao Paulo. Insiden serupa dilaporkan terjadi di kota-kota lain.

“Orang-orang harus tahu bahwa penularan yang kita lihat sekarang adalah di antara manusia,” kata Margaret Harris, juru bicara WHO, saat konferensi pers di Jenewa, dikutip CNA.

Baca juga: Menyusul New York dan Illinois, California Umumkan Keadaan Darurat dengan 800 Kasus Cacar Monyet

Harris mengatakan penularan dapat terjadi dari hewan ke manusia, tetapi wabah baru-baru ini hanya terkait dengan kontak manusia.

“Orang-orang tentu tidak boleh menyerang hewan-hewan itu,” katanya.

Baca juga: WHO Nyatakan Wabah Cacar Monyet sebagai Darurat Kesehatan Global 

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Menurut WHO, Brasil mencatat lebih dari 1.700 kasus cacar monyet. Kementerian kesehatan negara itu mengkonfirmasi satu kematian terkait penyakit itu pada 29 Juli. Korbannya adalah seorang pria yang memiliki kekebalan rendah dan penyakit penyerta.

Brasil memiliki daftar panjang serangan terhadap monyet selama wabah demam kuning juga.

Sejak Mei lalu, hampir 90 negara telah melaporkan lebih dari 29.000 kasus cacar monyet. WHO mengklasifikasikan wabah penyakit yang dulu langka itu sebagai keadaan darurat internasional pada Juli lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini