Share

Ribuan Ikan Mati Misterius di Sungai Oder, Buat Pejabat Dua Negara Kebingungan

Rahman Asmardika, Okezone · Minggu 14 Agustus 2022 10:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 14 18 2647502 ribuan-ikan-mati-misterius-di-sungai-oder-buat-pejabat-dua-negara-kebingungan-nzzUHud7dZ.jpg Ribuan ikan mati di Sungai Oder, yang mengalir melalui Polandia dan Jerman. (Foto: Reuters)

WARSAWA - Para pejabat di Polandia dan Jerman sedang mencoba mencari tahu penyebab kematian massal sejumlah besar ikan di sepanjang sungai Oder, yang mengalir di antara kedua negara.

Ribuan ikan mati telah muncul di sepanjang ratusan kilometer sungai itu sejak akhir bulan lalu.

Diperkirakan bahwa zat beracun masuk ke dalam air, meskipun bahan kimia yang tepat tetap tidak diketahui meskipun tes.

BACA JUGA: Usai Pasok Senjata ke Ukraina, Polandia Akan Beli 1.000 Tank, 600 Artileri hingga 40 Jet Tempur Buatan Korsel

Orang-orang telah diberitahu untuk menghindari sungai di tengah peringatan bencana lingkungan dari pemerintah Jerman.

Tetapi pihak berwenang di kedua negara telah dituduh oleh para aktivis gagal bekerja sama untuk segera menanggapi bencana dan melindungi manusia. 

Pada Jumat (12/8/2022), Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki memecat sepasang pejabat lingkungan atas penanganan mereka atas insiden tersebut.

Dia menjelaskan bahwa masalahnya awalnya dianggap sebagai masalah "lokal" - tetapi kemudian terungkap dalam skala "sangat besar".

Sungai itu bisa memakan waktu "bertahun-tahun" untuk pulih, tambahnya, sebagaimana dilansir BBC.

Morawiecki menduga bahwa "sejumlah besar limbah kimia" telah dibuang di saluran air, tanpa memperhatikan risiko bagi satwa liar.

BACA JUGA: Sungai Suci India Tertutup Busa Putih Beracun, Warga tetap Mandi dan Cari Ikan

Menteri Lingkungan Jerman Steffi Lemke menyerukan penyelidikan komprehensif atas insiden tersebut, dengan mengatakan pihak berwenang sedang bekerja "terus terang" untuk mencari tahu penyebabnya.

Berton-ton ikan mati dikatakan telah diambil dari sungai setelah laporan pertama masalah dari nelayan dan pemancing Polandia pada awal 28 Juli.

Oder umumnya dianggap sebagai sungai bersih yang menjadi rumah bagi 40 spesies ikan domestik, lapor kantor berita AFP.

Namun seorang pejabat di negara bagian Brandenburg timur Jerman mengatakan hasil tes menunjukkan peningkatan kadar oksigen di dalam air, mengisyaratkan adanya zat asing.

Berang-berang, burung, dan bebek juga terkena dampaknya, kata Katarzyna Kojzar, seorang jurnalis dari situs investigasi Polandia OKO.press.

Indikasi bahwa Oder telah terkontaminasi merkuri mengkhawatirkan, kata Kojzar kepada BBC.

Tapi dia mencatat masih belum ada konfirmasi tentang zat atau asalnya - atau apakah itu berpengaruh pada manusia.

"Kami tahu ini serius, tapi kami tidak tahu apa itu," kata Kojzar.

Pekerjaan pengerukan di sungai bisa saja melepaskan merkuri yang tertanam, kata seorang peneliti perikanan kepada penyiar Jerman Deutsche Welle.

Tetapi secara historis, tingkat air yang rendah di Oder dikombinasikan dengan gelombang panas berarti bahwa ikan sudah berjuang, kata Christian Wolter dari Institut Leibniz.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini