Share

Pangeran William Angkat Bicara Usai Mendapat Gelar Kehormatan Pangeran Wales

Susi Susanti, Okezone · Senin 12 September 2022 07:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 12 18 2665413 pangeran-william-angkat-bicara-usai-mendapat-gelar-kehormatan-pangeran-wales-UIFQu7TMhA.jpg Pangeran William diangkat menjadi Pangeran Wales (Foto: PA Archive)

LONDON - Pangeran Wales telah berjanji untuk melayani rakyat Wales dengan "kerendahan hati dan rasa hormat yang besar".

Pangeran William dan istrinya Catherine atau Kate Middleton dinobatkan sebagai Pangeran dan Putri Wales oleh Raja Charles III pada Jumat (9/9/2022).

Dalam panggilan telepon dengan menteri pertama Wales, sang pangeran dan istri mengatakan sangat menyayangi Wenegaranya.

Pangeran juga berbicara tentang harapannya bahwa pasangan kerajaan akan segera mengunjungi Wales.

Baca juga: William Resmi Diangkat Jadi Pangeran Wales Gantikan Raja Charles III

Istana Kensington mengatakan pangeran menyatakan mereka akan "melakukan bagian mereka untuk mendukung aspirasi rakyat Wales".

Baca juga: Raja Charles III Angkat William sebagai Pangeran Wales

"Pangeran dan putri menantikan untuk merayakan sejarah dan tradisi Wales yang membanggakan serta masa depan yang penuh janji," kata pihak istana, dikutip BBC.

"Mereka akan berusaha untuk memenuhi kontribusi bangga yang telah dilakukan anggota keluarga Kerajaan di tahun-tahun sebelumnya,” lanjutnya.

Pangeran berbicara tentang keinginannya untuk bertemu dengan Menteri Pertama Mark Drakeford dan para pemimpin Wales lainnya pada "kesempatan paling awal" dan berterima kasih kepadanya atas "penghormatan yang pantas" untuk Yang Mulia Ratu.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Saat ini, pangeran dan kelurga kecilnya sudah pindah ke RAF Valley di Anglesey. Mereka diketahui pernah tinggal di sana pada bulan-bulan awal kehidupan Pangeran George.

Raja Charles III mewariskan gelar itu kepada putranya selama pidato pertamanya kepada bangsa itu setelah kematian Ratu, pada usia 96 tahun.

"Hari ini, saya bangga menciptakannya Pangeran Wales, Tywysog Cymru," terang Raja Charles III, 64.

Seorang sumber setelah pengumuman tersebut mengatakan Putri Catherine "menghargai sejarah" dan mengikuti jejak Putri Diana, yang meninggal 25 tahun lalu, namun dia ingin melihat ke masa depan saat ia menciptakan jalannya sendiri.

Dia menjadi yang pertama sejak Putri Diana menggunakan gelar terkenal, yang juga sebelumnya milik Camilla tetapi tidak pernah dia gunakan.

Catherine menggambarkan Diana sebagai "wanita inspirasional yang patut diteladani" setelah pertunangannya dengan Pangeran William pada 2010.

Pasangan kerajaan juga akan mengambil gelar Duke dan Duchess of Cornwall, yang sebelumnya dipegang oleh Raja dan Camilla, Permaisuri yang baru.

Raja baru berusia 20 tahun ketika ia dinobatkan sebagai Pangeran Wales dalam sebuah upacara di Kastil Caernarfon, Gwynedd, pada 1969.

Penobatan itu ditonton oleh jutaan pemirsa TV di seluruh dunia. Jajak pendapat dari 1.020 orang pada Juni 2022, yang dilakukan oleh ITV dan YouGov, menunjukkan bahwa 46% orang berpikir harus ada Pangeran Wales yang lain, sementara 31% tidak.

Pangeran William dan Putri Catherine terakhir di Wales pada Juni lalu untuk latihan di Cardiff Castle of the Queen's Platinum Jubilee perayaan.

Mereka bergabung dengan Pangeran George dan Putri Charlotte pada kunjungan resmi pertama mereka ke Wales.

Awal tahun ini, pada Maret lalu, pangeran dan putri membantu menandai Hari St David di Wales.

Mereka memanggang kue dengan anggota klub pemuda dan menerima sambutan hangat dari kerumunan orang selama kunjungan ke Abergavenny dan Blaenavon.

"Jangan menilai masakan saya. Ini bukan Bake Off," kata sang pangeran saat pasangan itu menghabiskan waktu di dapur di Blaenavon Hwb di Torfaen.

Rumah pertama pasangan kerajaan itu setelah pernikahan mereka pada 2011 diketahui berada di Anglesey, di mana sang pangeran bekerja sebagai pilot helikopter pencarian dan penyelamatan.

Anak pertama mereka, Pangeran George, lahir ketika mereka tinggal di Wales dan sejak itu mereka kembali mengunjungi teman-teman lama di Wales utara.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini