Share

Ketahui Batas-Batas Wilayah Indonesia Bagian Selatan, Bertetangga dengan Australia dan Timor Leste

Nadilla Syabriya, Okezone · Rabu 14 September 2022 12:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 14 18 2667210 ketahui-batas-batas-wilayah-indonesia-bagian-selatan-bertetangga-dengan-australia-dan-timor-leste-SVgklXqn6A.jpg Perbatasan Indonesia-Timor Leste. (Foto: MNC Travel)

JAKARTA – Indonesia adalah salah satu negara kepulauan terbesar di dunia yang terletak di Benua Asia, tepatnya di kawasan Asia Tenggara. Letak geografis dan astronomis Indonesia menjadikannya salah satu negara penting di kawasan.

BACA JUGA: 6 Bulan Jaga Perbatasan Indonesia, TNI Amankan 100 Senpi dan Bahan Peledak

Secara astronomis Indonesia terletak pada 6° LU - 11° LS dan 95° BT - 141° BT. Sedangkan secara geografis, batas wilayah Indonesia dibagi menjadi empat yaitu Timur, Barat, Utara dan Selatan.

Pada bagian selatan, Indonesia berbatasan langsung dengan negara Timor Leste, perairan Australia dan Samudera Hindia.

Sebelumnya, Timor Leste telah menjadi bagian dari Indonesia sebagai provinsi ke-27 pada 1976. Namun, karena adanya kasus pelanggaran HAM selama perang saudara tahun 1975-1999 membuat Timor Leste memisahkan diri dari Indonesia setelah referendum 30 Agustus 1999.

BACA JUGA: Perbatasan Telah Dibuka, Pelajar Indonesia Kembali ke Australia

Mengutip dari sejumlah sumber, secara keseluruhan perbatasan Indonesia adalah sebagai berikut:

Bagian Barat

Di bagian barat, Indonesia berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan Perairan Negara India.

Bagian Timur

Pada bagian timurnya, Indonesia berbatasan langsung dengan daratan Papua Nugini. Sedangkan pada batas lautnya, berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik.

Bagian Utara

Batas wilayah darat Indonesia di bagian utara berbatasan langsung dengan Malaysia. Sedangkan batas lautnya mencakup lima negara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Filipina.

Bagian Selatan

Pada bagian selatan, Indonesia berbatasan langsung dengan Timor Leste. Sedangkan batas lautnya berbatasan dengan perairan Australia dan Samudera Hindia.

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

(dka)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini