Share

Sebut Penulis Alkitab Mabuk Wine dan Ganja, Penyanyi Terkenal Ini Tidak Bersalah Atas Kasus Penistaan Agama

Susi Susanti, Okezone · Jum'at 16 September 2022 16:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 16 18 2669074 sebut-penulis-alkitab-mabuk-anggur-dan-ganja-penyanyi-terkenal-ini-tidak-bersalah-atas-kasus-penistaan-agama-YOqZ6NCGQA.jpg Penyanyi Polandia dinyatakan tidak bersalah terkait penistaan agama (Foto: AP)

POLANDIA - Pengadilan Hak Asasi Manusia (HAM) tertinggi Eropa telah memutuskan bahwa seorang penyanyi terkenal Polandia yang dihukum karena penistaan atau penodaan agama 10 tahun lalu telah dilanggar haknya.

Dorota Rabczewska, yang dikenal secara profesional sebagai Doda, awalnya didenda oleh pengadilan Warsawa karena mengatakan para penulis Alkitab telah mabuk anggur dan ganja.

Tetapi Pengadilan HAM Eropa di Strasbourg mengatakan pernyataannya dilindungi oleh haknya untuk kebebasan berbicara.

Baca juga: Temukan Konten Islamophobia dan Dugaan Penistaan Agama, Ini yang Harus Dilakukan

Badan ini memerintahkan pihak berwenang Polandia untuk membayar ganti rugi sebesar 10.000 euro (Rp149 juta).

Baca juga: Ferdinand Hutahaean Hadapi Sidang Putusan Kasus Penodaan Agama Hari Ini

Dikutip BBC, jumlah kerugiannya ini lebih dari sembilan kali lipat dari denda yang diperintahkan kepadanya oleh pengadilan Warsawa.

Pengadilan di Strasbourg memutuskan bahwa meskipun pernyataannya dapat menuai kecaman penganut agama, namun belum diputuskan apakah pernyataan tersebut akan memicu kekerasan atau kebencian. Karena itu, dia dilindungi oleh haknya untuk kebebasan berbicara.

Kasus ini berawal dari tuduhan yang berasal dari wawancara TV dengan penyanyi berusia 38 tahun yang disiarkan pada 2009 silam.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Saat wawancara itu, dia mengatakan bahwa meskipun dia percaya pada "kekuatan yang lebih tinggi", dia lebih diyakinkan oleh dinosaurus daripada oleh Alkitab.

"Sulit untuk percaya pada sesuatu yang ditulis oleh orang-orang yang minum terlalu banyak anggur dan mengisap ganja,” terangnya.

Dia didakwa pada tahun berikutnya dan dinyatakan bersalah pada 2012 oleh Pengadilan Distrik Warsawa, yang menjatuhkan denda sebesar 5.000 zloty (Rp16 juta).

Selain sebagai salah satu penyanyi pop paling sukses di Polandia, Doda juga dikenal sebagai penulis lagu, aktris, produser musik, dan tokoh televisi.

Dia terkenal sebagai penyanyi utama dengan band rock Virgin sebelum bersolo karier.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini