Share

Pemakaman Ratu Elizabeth Diperkirakan Akan Disaksikan 4,1 Miliar Orang di Seluruh Dunia

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 19 September 2022 15:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 19 18 2670575 pemakaman-ratu-elizabeth-diperkirakan-akan-disaksikan-4-1-miliar-orang-di-seluruh-dunia-T9ZQkzXftH.jpg Foto: Reuters.

LONDON – Hingga dua juta pelayat akan datang ke London untuk menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth pada Senin, (19/9/2022), menjadikan acara ini sebagai operasi keamanan terbesar di Inggris.

Ratu Elizabeth meninggal dengan tenang pada usia 96 tahun di rumah musim panasnya di Kastil Balmoral, Skotlandia pada 8 September. Beliau akan dimakamkan secara kenegaraan hari ini, 19 September.

Wakil Asisten Komisaris Polisi Metropolitan Stuart Cundy mengatakan bahwa pemakaman Ratu sebagai “tugas yang sangat kompleks” dan “operasi keamanan terbesar yang akan dilakukan di Inggris".

Diwartakan Daily Star, sementara jutaan orang diperkirakan akan berbaris di jalan-jalan ibu kota untuk melihat sekilas peristiwa bersejarah itu, hinnga 4,1 orang miliar lainnya diperkirakan akan menyaksikan momen ini melalui layar televisi.

Orang-orang telah difoto berkemah di trotoar untuk mengamankan posisi utama, sementara Stasiun Paddington mengalami kekacauan perjalanan karena Jalur Elizabeth yang baru dibuka sebagian ditutup.

Balai Kota London mengumumkan bahwa semua area tampilan publik untuk prosesi pemakaman Ratu telah penuh.

Antrean untuk penghormatan bagi mendiang Ratu di Westminster Hall berakhir pada pukul 06:30 pagi ini.

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memberi penghormatan kepada Ratu dari sudut pandang balkon di Aula pada Minggu, (18/9/2022) malam, menjelang upacara resmi Senin.

Misa pemakaman akan dimulai di Westminster Abbey pada pukul 11 pagi setelah peti mati Ratu Elizabeth II dimuat ke dalam kereta meriam untuk prosesi singkat dari Westminster Hall.

Raja Charles III dan anggota senior keluarga Kerajaan lainnya akan berjalan di belakang dan tiba di Biara tepat pukul 10.52 pagi.

Ibadah pukul 11:00 akan dihadiri oleh 2.000 jemaat, termasuk anak-anak Pangeran William dan Kate Middleton, Pangeran George dan Putri Charlotte.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Tepat sebelum akhir kebaktian pada pukul 11.55 pagi, Last Post akan dimainkan diikuti dengan mengheningkan cipta selama dua menit yang akan diamati di Biara dan di seluruh negeri.

Pukul 12 siang peti mati kemudian akan ditempatkan kembali di kereta meriam dan dibawa ke Wellington Arch dalam sebuah prosesi.

Anggota Royal Canadian Mounted Police, bersama dengan pekerja NHS, petugas dari Police Service of Northern Ireland dan British Armed Forces akan memimpin perjalanan.

Tepat pukul 15.06, peti mati akan tiba di Shaw Farm Gate, Windsor dengan mobil jenazah melaju perlahan di Long Walk tempat ribuan orang menunggu sejak dini hari.

Dalam pemakaman yang disiarkan televisi tidak seperti sebelumnya, upacara komitmen di Kapel St George, Windsor, akan diadakan pada pukul 4 sore dan diakhiri dengan Lord Chamberlain mematahkan tongkat jabatannya di atas peti mati saat diturunkan ke Royal Vault, ruang pemakaman Keluarga Kerajaan.

Akhirnya, pemakaman pribadi akan dimulai pada 19:30 di Kapel Memorial Raja George VI, tempat kecil di mana peti mati Ratu Elizabeth II akan dibaringkan dengan peti mati Pangeran Philip untuk dikebumikan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini