Share

Opium Ditemukan di Kuburan Kuno di Israel, Jadi Bukti Tertua Penggunaan Barang Haram Ini

Widi Agustian, Okezone · Jum'at 23 September 2022 15:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 23 18 2673654 opium-ditemukan-di-kuburan-kuno-di-israel-jadi-bukti-tertua-penggunaan-barang-haram-ini-oj9yjl43Lr.jpg Sisa opium yang ditemukan di dalam kendi di makam di Israel. (Foto: IAA/BBC)

TEL AVIV - Bukti tertua penggunaan narkotika opium ditemukan di satu situs pemakaman kuno di Israel. Sisa opium ditemukan oleh para arkeolog di kapal tembikar di kompleks di Yehud, sekitar 11 km tenggara Tel Aviv.

Wadah-wadah itu berasal dari periode sekitar 3.400 tahun yang lalu dan tampaknya telah digunakan dalam ritual penguburan lokal. Situs ini digunakan oleh para penduduk ketika negeri itu masih dikenal sebagai Kanaan.

Bejana-bejana tersebut digali pada tahun 2012 oleh badan kepurbakalaan Israel Antiquities Authority (IAA), namun temuan ini adalah hasil dari studi terbaru oleh IAA, Universitas Tel Aviv dan Institut Sains Weizmann.

Diyakini tanaman candu tersebut ditanam di tempat yang sekarang adalah Turki dan dibawa ke Yehud melalui Siprus. Sedangkan wadahnya, yang disebut kendi Base-Ring, dibuat di Siprus.

Benda-benda ini adalah bagian dari sejumlah bejana tembikar yang diduga dikubur bersama jenazah untuk menemani mereka ke alam baka.

Bejana-bejana itu berbentuk seperti bunga poppy terbalik, yang sudah lama memunculkan hipotesis bahwa mereka digunakan dalam ritual untuk opium.

Penemuan di Tel Yehud menandai pertama kalinya jejak opium ditemukan di dalam kendi seperti ini.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

"Bisa jadi selama upacara-upacara ini, anggota keluarga atau pendeta yang melakukannya atas nama mereka, berusaha untuk membangkitkan ruh kerabat mereka yang sudah meninggal untuk meminta sesuatu, dan mencapai keadaan ekstase dengan menggunakan opium," kata Dr Ron Beeri dari IAA, dilansir dari BBC. 

"Atau, ada kemungkinan bahwa opium, yang diletakkan di sebelah jenazah, dimaksudkan untuk membantu ruh orang tersebut bangkit dari kubur untuk mempersiapkan pertemuan dengan kerabat mereka di kehidupan selanjutnya."

Dua tahun lalu, para peneliti mengidentifikasi zat yang ditemukan di sebuah kuil berusia 2.700 tahun di Tel Arad sebagai kanabis.

Mereka mengatakan narkotika tersebut mungkin digunakan oleh orang Israel kuno dalam ritual keagamaan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini