Share

Rencana Pemeriksaan Lukas Enembe, Polisi Giatkan Patroli dan Razia di Jayapura

Chanry Andrew S, iNews · Minggu 25 September 2022 05:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 25 340 2674380 rencana-pemeriksaan-lukas-enembe-polisi-giatkan-patroli-dan-razia-di-jayapura-Gbhi1mjaFL.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAYAPURA - Polresta Jayapura Kota terus meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam mengamankan wilayah Kota Jayapura, menyusul rencana pemeriksaan terhadap Gubernur Papua Lukas Enembe oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin 26 September 2022 mendatang.

Sebelumnya KPK telah melayangkan surat panggilan kedua kepada Gubernur Papua tersebut. Lukas dipanggil ulang untuk diperiksa dalam kapasitasnya sebagai tersangka dalam dugaan gratifikasi senilai Rp1 Miliar.

Lokasi pemeriksaan terhadap Lukas Enembe pun belum jelas akan dilakukan di mana, walau dalam surat panggilan itu, Lukas rencananya akan diperiksa di Kantor KPK Jakarta.

Kaporlesta Jayapura Kota Kombes Pol Dean Victor Mackbon mengatakan bahwa pihaknya telah mendapatkan informasi terkait rencana pemeriksaan terhadap Gubernur Papua itu.

Walaupun rencana pemeriksaan tersebut dilaksanakan di Jakarta namun aparat Kepolisian Polresta Jayapura Kota telah menyiagakan pasukan dan tetap memberikan pengamanan untuk adanya aksi-aksi keramaian atau rencana aksi demonstrasi untuk mengantispasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Baca juga: Dana Otsus untuk Papua Capai Rp1.000 Triliun, dari Mana Saja Sumbernya?

Menurut Victor untuk pengamanan saat ini pihaknya mendapat bantuan dua SSK Brimob Nusantara dan di-back up pasukan TNI dari Kodam XVII Cenderawasih.

Baca juga: Terungkap! Ini Momen Lukas Enembe saat Main Judi di Luar Negeri

"Memang ada surat panggilan itu ya, kami belum mendapatkan tembusannya tapi kami sudah mengeceknya ternyata memang betul ada surat panggilan itu. Terkait panggilan itu kan kalau nggak salah pemeriksaannya di Jakarta," ungkap Victor Dean Mackbon di Jayapura, Sabtu (24/9/2022).

Menurut Victor terkait adanya informasi akan digelar aksi demo lanjutan Save Lukas Enembe oleh simptasan dan pendukung Gubernur Papua dari Koalisi Rakyat Papua (KRP) pada tanggal 26 September 2022, pihaknya belum mendapatkan pemberitahuan.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Namun, polisi tetap melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan. Pasalnya, Kota Jayapura menjadi barometer bagi keamanan di Tanah Cendrawasih.

Sehingga, selain menyiagakan pasukan, pihaknya juga menggalakkan patroli dan razia untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

"Untuk aksi demo kan belum ada pemberitahuan ya kepada kami. Jadi prinsipnya kita juga melaksanakan tugas-tugas rutin saja yang ditingkatkan, apa yang ditingkatkan, patroli, kemudian razia untuk mengantisipasi, terus juga untuk soal miras menjadi atensi kami ya, karena ini menjadi sarana untuk provokasi. Itu dari kita untuk mengantisipasi terkait pemeriksaan Bapak Gubernur," imbuhnya.

Terkait situasi Kamtibmas hingga saat ini menurut mantan Wadirkrimsus Polda Papua ini situasi masih kondusif. Walaupun demikian, menurut Victor, ada beberapa laporan masyarakat terkait beberapa keributan yang dipicu oleh minuman keras.

"Memang ada laporan-laporan dari masyarakat seperti keributan, kemudian ada perkelahian, Karena ya itu karena minuman keras itu, itu kan karena memang kita di kota tidak terlepas dari laporan-laporan itu ya. Anggota kami di lapangan sudah bertindak cepat dalam mengantisipasi hal-hal tersebut sehingga tidak meluas," ujar Victor.

Victor juga berharap adanya kerja sama para tokoh untuk dapat menjaga bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas di wilayah kota Jayapura.

"Kemudian juga mungkin kami imbau juga, dari tokoh-tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh politik bisa menjaga situasi ini. Menjaga masyarakatnya jangan ikut terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang memang tidak jelas tujuannya, kita semua sama-sama menjaga. Karena yang rugi kita semua kalau tidak bisa diantisipasi. Karena memang peran para tokoh ini sangat penting," tandasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini