Share

Rusia Usir Konsul Jepang Atas Tuduhan Mata-Mata, Tokyo Isyaratkan Pembalasan

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 27 September 2022 12:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 27 18 2675786 rusia-usir-konsul-jepang-atas-tuduhan-mata-mata-tokyo-isyaratkan-pembalasan-TuFWGQrcpM.jpg Diplomat Jepang Motoki Tatsunori. (Foto: FSB via Sputnik)

MOSKOW - Badan Keamanan Rusia, FSB mengatakan pada Senin, (26/9/2022), bahwa mereka telah menahan konsul Jepang di kota pelabuhan Vladivostok karena dugaan spionase dan memerintahkannya untuk meninggalkan negara itu.

Konsul itu dibebaskan setelah beberapa jam penahanan oleh agen Rusia. Tokyo telah mengajukan "protes keras" tentang penahanan itu dan mengisyaratkannya mungkin membalas, kata kepala sekretaris kabinet Jepang Hirokazu Matsuno dalam pengarahan media pada Selasa, (27/9/2022).

FSB mengatakan konsul, Motoki Tatsunori, dinyatakan sebagai persona non grata setelah dia “tertangkap basah” menerima informasi rahasia tentang dampak sanksi Barat tentang situasi ekonomi di Timur Jauh Rusia.

Dikatakan informasi rahasia, yang juga menyangkut kerja sama Rusia dengan negara Asia-Pasifik yang tidak disebutkan namanya, telah diperoleh sebagai imbalan atas "hadiah moneter".

Moskow telah memprotes Tokyo atas tindakan konsul melalui saluran diplomatik, kata FSB sebagaimana dilansir Reuters.

Juru Bicara Pemerintah Jepang Hirokazu Matsuno mengatakan Moskow menahan konsulnya dengan "cara mengintimidasi" menutup matanya dan menahannya, yang merupakan "pelanggaran yang jelas terhadap Konvensi Wina tentang Hubungan Diplomatik".

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

"Konsul yang ditahan tidak terlibat dalam kegiatan ilegal apa pun," kata Matsuno, menambahkan wakil menteri luar negeri Jepang mengatakan kepada duta besar Rusia kepada Jepang bahwa Tokyo "perlu mengambil langkah yang setara" dan menuntut permintaan maaf formal dari Moskow.

Konsul yang dibebaskan tidak memiliki masalah dengan kondisi kesehatan dan akan berangkat dari Rusia pada Rabu, kata Matsuno.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini