Share

Jarang Diketahui, Ternyata Raja Thailand Ini Memiliki 32 Istri dan 82 Anak

Cita Zenitha, MNC Portal · Senin 03 Oktober 2022 12:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 03 18 2679549 jarang-diketahui-ternyata-raja-thailand-ini-memiliki-32-istri-dan-82-anak-KdgxtXXwVD.jpg Ilustrasi Raja Thailand Punya Banyak Istri (Foto: Getty Images)

JAKARTA- Jarang diketahui ternyata Raja Thailand ini memiliki 32 istri dan 82 anak. Poligami sudah sudah berkembang di kerajaan Thailand sejak 400 tahun lalu. Hukum poligami di Thailand telah ditetapkan oleh Raja Rama I tahun 1804.

Raja Thailand

Hukum poligami yang ditetapkan di Thailand yaitu mengisahkan seorang raja memiliki tiga istri dengan pangkat berbeda-beda. Misalnya, istri pertama disebut sebagai mia luang, istri kedua sebagai mia noi dan istri kedua sebagai thasa phalay.

Selain Raja Vajiralongkorn sudah ada raja-raja Thailand terdahulu yang berpoligami dengan istri lebih banyak. Bahkan Raja Thailand ini memiliki 32 istri dan 82 anak.

Jarang diketahui ternyata Raja Thailand ini memiliki 32 istri dan 82 anak adalah Raja Rama IV atau Raja Mongkut memiliki istri sebanyak 32 istri dan 82 anak. Raja Mongkut Rama IV merupakan seorang pemimpin asal Thailand.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Di negara ini hukum poligami adalah legal, dengan menamai hukum tersebut yaitu Kodmai Laksana Pua Mia. Hukum ini membagi istri menjadi tiga kategori yaitu istri pertama (mia luang), istri kedua (mia noi), dan istri budak (thasa phalay). Hal ini membuat raja-raja di Thailand memiliki banyak istri dan selir.

Raja Mongkut Rama IV, yang memimpin Thailand sejak 1851 hingga 1868, memiliki 32 istri. Para istri pada masa kepemimpinan Raja Mongkut Rama IV ini tidak hanya berperan untuk kebutuhan biologis, tetapi juga untuk kepentingan politik dengan menjadi perpanjang tangan dalam mengintegrasikan berbagai permukiman kerajaan. Selain itu, para istri juga berperan dalam urusan sosial kemasyarakatan di Thailand. Dari 32 istri tersebut, Raja Mongkut Rama IV memiliki 82 orang anak.

Jika melihat dari sistem monarki Kerajaan Thailand, masing-masing istri dan selir raja memiliki peran dalam politik. Sebab dahulu kala tujuan berpoligami adalah untuk mengintegrasikan berbagai wilayah dengan kerajaan.

Jadi poligami Thailand ketika itu bukan semata-mata karena hubungan seksual belaka. Hanya saja sistem istri raja memenuhi kebutuhan politik ini sudah berakhir pada abad ke 19 pada masa Raja Rama V.

Demikian informasi mengenai  Raja Thailand ini memiliki 32 istri dan 82 anak. Bagaimana menurutmu?.

(RIN)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini