Share

4 Tokoh Dunia yang Miliki Keanehan, dari Raja dengan Urine Biru Sampai Pelukis Ambidextrous

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Kamis 13 Oktober 2022 11:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 13 18 2686232 4-tokoh-dunia-yang-miliki-keanehan-dari-raja-dengan-urine-biru-sampai-pelukis-ambidexterous-ZrumRuoPZa.jpg Ratu Elizabeth I. (Foto: Royal Greenwich Museum)

JAKARTA – Sepanjang sejarah, banyak tokok-tokoh terkenal yang diketahui memiliki kebiasaan atau kondisi yang aneh. Dalam masyarakat, mempunyai kebiasaan atau keseharian yang aneh mungkin tidak dianggap sebagai masalah, tetapi keanehan seorang tokoh dunia tentu akan menarik perhatian.

Berikut tokoh-tokoh sejarah dunia dengan keanehan mereka.

BACA JUGA: Tokoh-Tokoh Dunia yang Tidak Menikah, dari Nikola Tesla hingga Newton

1. Raja George III

Raja Inggris yang memerintah pada 1760 hingga 1820, George William Frederick atau George III, memiliki satu keanehan. Ia memiliki urine yang berwarna biru. Hal ini mungkin disebabkan oleh penyakit porfiria yang dideritanya, dengan gejala nyeri dan warna biru pada urine.

Melansir BBC, George III juga menderita penyakit mental, yang diteliti dari bukti ribuan surat tulisannya. Para peneliti kemudian melihat dan melakukan analisis terhadap penggunaan bahasa yang digunakan George III.

BACA JUGA: 5 Fakta Ratu Elizabeth I Tidak Menikah, Dijuluki Sang Ratu Perawan

Di luar keanehan dan masalah mentalnya, George terkenal sebagai Raja yang membawa Inggris pada kemajuan. Ia memiliki observatorium astronomi sendiri dan sangat berminat pada bidang pertanian. George III bahkan mengabdikan dirinya perkebunan di Windsor, sehingga dikenal luas sebagai sebutan Petani George.

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

2. Nikola Tesla

Ilmuwan Serbia-Amerika Serikat (AS) Nikola Tesla memiliki keanehan tersendiri, yakni sangat terobsesi dengan merpati. Bahkan, Tesla bisa menghabiskan waktu berjam-jam di setiap minggunya hanya untuk memberi makan merpati di taman. Britannica menyebut, Tesla juga akan membawa pulang dan merawat merpati terluka yang ia temukan di jalan.

Saking gandrungnya dengan merpati, Tesla pasti akan membuka jendela kamar hotel tempatnya menginap, agar banyak merpati yang bisa berkunjung. Tak jarang, merpati yang masuk ke kamarnya menimbulkan kegaduhan. Tesla khusus meminta koki hotel untuk menyiapkan makanan berupa campuran biji-bijian untuk merpatinya. Nikola Tesla mengaku jatuh cinta dengan merpati putih yang rutin berkunjung ke tempatnya. Ia bahkan merasa bahwa rasa cinta itu layaknya seperti antara pria dan perempuan.

3. Ratu Elizabeth I

Ratu Elizabeth I dari Inggris merupakan pemimpin yang memutuskan untuk tidak pernah menikah, sehingga dijuluki sebagai the Virgin Queen atau Ratu Perawan. Sang Ratu juga digambarkan sebagai sosok yang sangat mempercayai astrologi dan memiliki seorang penasihat sendiri bernama John Dee. Dee adalah seorang astrolog, ahli matematika, dan astronomi terkenal di Inggris pada masa pemerintahan Elizabeth I antara 1558 hingga 1603.

Sebelum menjadi ratu, Elizabeth I merupakan tahanan politik karena diduga ikut berpartisipasi dalam pemberontakan Wyatt yang ingin menggulingkan Ratu Mary I. Elizabeth I pernah mengalami cacar dan memiliki bekas cacar di tubuhnya (terutama wajah) serta rambutnya yang rontok. Namun, hal itu tidak terlihat lantaran ia selalu tampil prima dengan wig dan riasan wajah yang sesuai di zamannya.

4. Leonardo da Vinci

Selanjutnya, ada pelukis terkenal yang menciptakan lukisan Mona Lisa, Leonardo da Vinci. Leonardo ternyata tidak memiliki nama belakang, meskipun selama ini da Vinci dikenal sebagai nama belakangnya. Nyatanya, itu bukanlah nama belakang milik Leonardo. Da Vinci sendiri diartikan ‘dari Vinci’, yang merujuk pada kampung halamannya. Satu fakta yang sangat tak biasa dari Leonardo adalah, jumlah lukisannya sangat sedikit. Padahal, dirinya dikenal sebagai pelukis andal. Secara keseluruhan, hanya ada 17 karyanya yang bisa dinikmati.

Selain itu, Leonardo da Vinci juga dikenal sebagai orang dengan kemampuan unik. Ia bisa menggunakan kedua tangannya dengan sama baik. Meskipun ia kidal, namun ia mampu pula memakai tangan kanannya untuk menulis. Kemampuan yang disebut dengan ambidextrous ini hanya dimiliki oleh satu dari 100 orang secara alami.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini