Share

Banjir Lahar Semeru, Tanggul Jebol dan Truk Pasir Hanyut Terseret Arus

Yayan Nugroho, iNews · Selasa 15 November 2022 21:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 15 519 2708296 banjir-lahar-semeru-tanggul-jebol-dan-truk-pasir-hanyut-terseret-arus-IcW1e1ZQbn.jpg Truk terseret arus banjir lahar Gunung Semeru (Foto: Ist/Yayan Nugroho)

LUMAJANG - Banjir lahar hujan Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur kembali menerjang sejumlah daerah aliran sungai pada Selasa (15/11/2022) sore. Banjir lahar Gunung Semeru diakibatkan hujan deras di wilayah puncak/yang menyebabkan material vulkanik terbawa arus air hujan.

Akibat banjir lahar ini, sebuah truk tambang pasir terseret arus dan tanggul darurat proyek pembangunan Jembatan Jugosari jebol diterjang banjir.

Detik-detik saat sebuah truk pasir terseret banjir lahar hujan Gunung Semeru di Sungai Kaliregoyo, Desa Jugosari, Kecamatan Candipuro, Lumajang terekam dalam rekaman video amatir warga. Truk tersebut nampak berada di tengah sungai dengan arus banjir yang cukup deras. Beruntung saat kejadian, sopir truk segera lari dan menepi menyelamatkan diri.

Selain itu, para pekerja proyek pembagunan jembatan limpas yang ada di desa setempat terpaksa menghentikan aktivitasnya. Sebab banjir lahar kali ini cukup besar.

Tidak ada korban dalam peristiwa banjir lahar Gunung Semeru ini. Para pekerja proyek pembangunan Jembatan Jugosari bergegas naik sebelum banjir menerjang.

Volume banjir lahar yang besar juga mengakibatkan tanggul sementara yang digunakan untuk melindungi pembangunan pondasi jembatan dan jalur darurat warga satu dusun jebol diterjang derasnya banjir lahar. Beruntung, banjir lahar tidak sampai merusak bangunan jembatan yang saat ini dalam proses pembangunan.

"Jebol tanggulnya," ujar pekerja proyek jembatan limpas, Beni.

Berdasarkan informasi dari Pos Pengamatan Gunung Api Semeru, banjir lahar hujan kali ini terekam seismograf dengan amplitudo maksimal 35 milimeter yang berlangsung selama 8.100 detik.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(Ari)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini