Share

Suhu Anjlok di Bawah Titik Beku, WHO Peringatkan Jutaan Nyawa Terancam di Ukraina pada Musim Dingin

Susi Susanti, Okezone · Selasa 22 November 2022 10:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 18 2712302 suhu-anjlok-di-bawah-titik-beku-who-peringatkan-jutaan-nyawa-terancam-di-ukraina-pada-musim-dingin-KCCtdE2iUE.jpg WHO peringatkan jutaan nyawa terancam di Ukraina pada musim dingin (Foto: AP)

UKRAINAOrganisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan kehidupan jutaan orang akan terancam di Ukraina pada musim dingin ini.

Dr Hans Henri P Kluge, Direktur regional WHO untuk Eropa mengatakan setengah dari infrastruktur energi Ukraina rusak atau hancur, dan 10 juta orang saat ini hidup tanpa listrik.

Peringatan itu datang saat salju turun di seluruh Ukraina dan suhu turun di bawah titik beku. Suhu diperkirakan akan turun hingga -20C (-4F) di beberapa daerah.

"Sederhananya, musim dingin ini adalah tentang bertahan hidup," kata Dr Kluge dalam konferensi pers di ibu kota Ukraina, Kyiv, dikutip BBC.

Baca juga: WHO: Covid-19 Masih Menjadi Darurat Kesehatan Global

“Sistem kesehatan Ukraina menghadapi hari-hari tergelap dalam perang sejauh ini, dan solusi terbaik adalah mengakhiri konflik,” lanjutnya.

Baca juga: Puji Sumbangsih Rakyat, Presiden Zelensky: Warga Ukraina Akan Merayakan Kemenangan Atas Perang Rusia

“Akibat serangan itu, ratusan rumah sakit dan fasilitas kesehatan tidak lagi beroperasi penuh, kekurangan bahan bakar, air, dan listrik untuk memenuhi kebutuhan dasar,” katanya.

Dia menjelaskan bangsal bersalin membutuhkan inkubator, bank darah membutuhkan lemari es dan tempat perawatan intensif membutuhkan ventilator. Semua hal ini membutuhkan energi.

WHO mengatakan hingga tiga juta orang dapat meninggalkan rumah mereka untuk mencari kehangatan dan keamanan.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Dr Kluge mengatakan dia "sangat prihatin" terhadap 17.000 pasien HIV di Donetsk "yang mungkin segera kehabisan obat antiretroviral kritis yang membantu mereka tetap hidup".

Sebagian besar Donetsk berada di bawah kendali Rusia dan Dr Kluge mengatakan dia "segera menyerukan pembentukan koridor kesehatan kemanusiaan ke semua daerah yang baru direbut dan diduduki".

Ada juga kekhawatiran tentang kasus Covid yang meningkat.

"Dengan tingkat vaksinasi dasar yang rendah - apalagi penguat - jutaan orang Ukraina telah berkurang atau tidak memiliki kekebalan terhadap Covid," ujarnya.

Di Kyiv, salju menutupi jalan setapak, taman bermain kosong, dan bangku taman. Hanya sedikit orang yang berada di jalanan.

Meskipun turun salju, musim dingin belum secara resmi dimulai dan suhu cenderung turun lebih jauh.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini