Share

Cegah Hadangan Warga, Polisi Kawal Penyaluran Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Agung Bakti Sarasa, MNC Portal · Jum'at 25 November 2022 23:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 25 525 2715033 cegah-hadangan-warga-polisi-kawal-penyaluran-bantuan-untuk-korban-gempa-cianjur-6bOWtl1Osx.jpg Ilustrasi (Foto : MPI)

CIANJUR - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan, pendistribusian logistik ke korban gempa di Kabupaten Cianjur sudah semakin baik.

Bahkan, masyarakat atau organisasi masyarakat (ormas) diizinkan langsung menyalurkan bantuan kepada para penyintas bencana.

Meski begitu, Kepala BNPB, Suharyanto menyatakan, pendistribusian logistik oleh elemen masyarakat harus mendapatkan pengawalan pihak kepolisian

"Ini (penyaluran bantuan langsung) diizinkan, tapi dengan pengawalan kepolisian," kata Suharyanto dalam konferensi pers, Jumat (25/11/2022).

Menurutnya, pengawalan kepolisian dalam penyaluran bantuan diperlukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti adanya pengadangan saat pendistribusian logistik.

"Untuk mencegah adanya berita-berita viral ataupun potongan-potongan rekaman video yang memperlihatkan adanya pengadangan-pengadangan, entah oleh warga terdampak atau warga lain untuk meminta barang atau uang. Nah ini sudah dilaksanakan pengawalan," ujar Suharyanto.

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

Kemudian, pihaknya juga sudah melakukan pendataan ulang titik-titik pengungsian. Hasil survei yang dilakukan terdapat 110 titik pengungsian di Cianjur.

"Ini memang terpencar di 15 kecamatan sehingga tentu saja membutuhkan strategi, tenaga dan kekuatan yang ekstra dalam pendistribusian logistik," jelas Suharyanto.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini