Share

Protes Covid China, PBB Dukung Hak Pengunjuk Rasa untuk Berkumpul dan Berserikat Secara Damai

Susi Susanti, Okezone · Rabu 30 November 2022 17:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 30 18 2718027 protes-covid-china-pbb-dukung-hak-pengunjuk-rasa-untuk-berkumpul-dan-berserikat-secara-damai-P1REJOE1XQ.jpg PBB dukung hak pengunjuk rasa di protes Covid China (Foto: PBB)

NEW YORK - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mendukung hak para pengunjuk rasa untuk memprotes kebijakan Covid-19 di China.

“Kami percaya akan pentingnya hak masyarakat untuk berkumpul dan berserikat secara damai, hak mereka untuk berunjuk rasa secara damai, dan mendesak pihak berwenang (di China) untuk menjamin hak tersebut,” terang Juru bicara PBB Stephane Dujarric pada Senin (28/11/2022), dikutip VOA.

Seperti diketahui, para pengunjuk rasa yang marah akibat pembatasan ketat Covid-19 menyerukan Presiden China Xi Jinping mundur dari jabatannya dalam gelombang unjuk rasa terbesar menentang pemerintah.

Baca juga: Semakin Tegang, Polisi China Akan Menyeret dan Menggantung Kaki Pengunjuk Rasa Protes Covid 

Pihak berwenang telah melonggarkan sejumlah aturan setelah demonstrasi pecah di setidaknya delapan kota di China daratan dan Hong Kong. Namun Beijing tidak menunjukkan tanda-tanda akan mencabut strategi “nol-Covid” yang sempat mengurung jutaan orang di rumah mereka masing-masing selama berbulan-bulan.

Baca juga:  Polisi China Mulai Buru Warga yang Protes Covid, Dibawa ke Kantor Polisi dan Tanda Tangani Kesepakatan

Pasukan keamanan telah menahan para pengunjuk rasa, yang jumlahnya belum diketahui, dan meningkatkan pengawasan.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Dengan dikerahkannya polisi, tidak ada unjuk rasa yang tampak di Beijing, Shanghai dan kota besar lainnya di China daratan.

Hanya sekelompok kecil pengunjuk rasa berkumpul di sebuah universitas di Hong Kong.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini