Share

Sejarah Singkat BND, Badan Intelijen Milik Jerman

Alfilya Tri Maulina, Okezone · Kamis 01 Desember 2022 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 01 18 2718583 sejarah-singkat-bnd-badan-intelijen-milik-jerman-Dd5biOBnEC.jpg Foto: Reuters.

JAKARTA - Jerman merupakan negara yang memiliki sejarah yang sangat panjang juga sangat terkenal dengan hal baik maupun buruk untuk bisa seperti sekarang. Jerman terkenal dengan dua tokoh dunia yang sangat familiar yaitu, Albert Einstein dan Adolf Hitler.

Selain itu Jerman juga menjadi salah satu negara yang memiliki intelijen kemiliteran asing yang sudah berdiri pada April 1956 dengan nama BND (Bundesnachrichtendienst) dalam bahasa Jerman "Federal Intelligence Service" badan intelijen asing pemerintah Jerman Barat dibawah naungan Kantor Kanselir

Dikutip melalui Britannica, BND adalah sebuah pasukan intelijen rahasia yang diciptakan oleh Mayor Jenderal Reinhard Gehlen setelah Perang Dunia II dan yang bekerja sama dengan badan intelijen Amerika Serikat (AS) yang memberikan informasi dan nasehat kepada Pemerintah Federal, terutama dalam masalah keamanan politik dan kebijakan luar negeri yang berbasis pada kepentingan global dan integrasi kerja sama internasional.

BACA JUGA: 5 Badan Intelijen Ini Terkenal Punya Kekuatan Paling Besar di Dunia, Salah Satunya Mossad

BND didirikan pada Perang Dingin 1956 sebagai badan intelijen asing resmi, yang baru saja bergabung dengan NATO , dan bekerja sama erat dengan CIA . BND sebagai penerus Organisasi Gehlen sebelumnya, sering dikenal hanya sebagai "Organisasi" atau "The Org", sebuah organisasi intelijen Jerman Barat yang berafiliasi dengan CIA yang keberadaannya belum diakui secara resmi.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Tokoh utama dalam sejarah BND adalah mantan jenderal Wehrmacht Reinhard Gehlen, pemimpin Organisasi Gehlen dan kemudian menjadi presiden pendiri BND, yang dianggap sebagai "salah satu mata-mata Perang Dingin paling legendaris".

Sebagai pendahulu sebelum BND adalah badan intelijen militer timur Jerman selama Perang Dunia II juga memiliki tujuan utama untuk mengumpulkan informasi tentang Tentara Merah. Setelah perang Gehlen bekerja dengan pasukan pendudukan AS di Jerman Barat.

Setelah berdirinya BND, Badan kemiliteran asing tersebut memprioritaskan tugasnya untuk penggunaan teknologi, terorisme internasional, kejahatan internasional, peredaran senjata internasional dan imigrasi ilegal. BND dilindungi dengan kewenangan hukum dalam memerangi terorisme dan ancaman lainnya.

Pada awalnya, kantor BND berpusat di Munich, ibu kota negara bagian Bavaria, namun pada 2014 markas pusatnya dipindahkan ke Berlin di pusat informasi dan situasi (LIZ) untuk mengolah informasi dari seluruh dunia yang didapat dari media ataupun laporan analisis, yang dihimpun dan diintegrasikan.

BND berkontribusi penting bagi keamanan luar negeri, termasuk memberikan jaminan perlindungan bagi warga negaranya yang menetap di luar negeri dan juga memberikan dukungan bagi Bundeswehr (militer Jerman) dalam menjalankan misinya di luar negeri.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini