Share

5 Kapal Pemecah Es Milik Rusia Paling Besar di Dunia yang Masih Beroperasi Sampai Saat Ini

Cita Zenitha, MNC Portal · Jum'at 02 Desember 2022 09:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 02 18 2719068 5-kapal-pemecah-es-milik-rusia-paling-besar-di-dunia-yang-masih-beroperasi-sampai-saat-ini-cv0JaQua0C.jpg Ilustrasi Kapal Rusia (Foto: Reuters)

JAKARTA - Ada 5 kapal pemecah es milik Rusia paling besar di dunia yang masih beroperasi sampai saat ini. Kapal pemecah es milik Rusia ini beroperasi menggunakan tenaga nuklir.

Rusia mengoperasikan armada kapal pemecah es terbesar di dunia. Kapal pemecah es beroperasi melalui perairan yang tertutup es. Untuk itu kapal pemecah es Rusia membutuhkan fitur hebat dan mesin yang kuat.

Rusia menjadi satu-satunya negara yang mengoperasikan kapal pemecah es bertenaga nuklir. Kapal milik Rusia ini benar-benar luar biasa dan mendapat sebutan sebagai monster laut sejati.

Nah, berikut 5 kapal pemecah es milik Rusia paling besar di dunia yang masih beroperasi sampai saat ini dirangkum dari berbagai sumber:

1. Arktika

Tahun 1977 kapal pemecah es Arktika menjadi kapal pertama yang sampai ke Kutub Utara. Kapal bertenaga nuklir ini hadir dalam Proyek 22220 Rusia. Selain besar, kapal Arktika juga merupakan kapal terkuat di dunia.

Arktika memiliki tinggi 51 m dan tinggi 173 m. Kapal besar ini mampu menembus es setebal 5 meter. Reaktor nuklir dengan berat hampir 200 ton terpasang di Arktika.

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

2. Sibir

Rusia juga memiliki kapal pemecah es terbesar bernama Sibir. Kapal ini sudah beroperasi sejak tahun 1977 bersama dengan Arktika.

Sibir menjadi kapal pemecah es kedua yang sampai kepermukaan Kutub Utara. Panjang keseluruhan kapal Sibir mencapai 173 m dan lebar 35 m.

3. Yamal

Kapal Yamal berasal dari nama ujung negeri di Nenets yang beroperasi pada tahun 1993. Kapal besar ini pertama dioprasikan oleh Atomflot. Kemampuan memecahkan es sampai setebal 3 meter.

Saking besarnya kapal ini sampai mampu mengangkut helikopter. Panjang dari kapal Yamal mencapai 139 meter dan lebar 29 meter. Untuk menggerakan kapal Yamal, Russia memasang dua realtor nuklir.

4. NS 50 Let Pobedy

Tahun 2011 Rusia dinobatkan sebagai kapal pemecah es terbesar dengan kecepatan 21,4 knot. Kapal besar milik Rusia ini mampu memecahkan es setebal 2,8 m.

Memiliki sistem desain busur meningkatkan efisiensi pemecahan es. Kapal NS 50 Let Pobedy sudah cukup modern dengan berbagai fasilitas seperti kolam renang, salon, perpustakaan, dan restoran.

5. Rossiya

Kapal pemecah es bertenaga nuklir dari Rusia selanjutnya adalah Rossiya. Reaktor nuklir berguna menggerakan baling-baling dan memasok semua tenaga kapal. Kapal pemecah es ini memiliki panjang 209 m dan mampu memecah es setebal 4 m

Demikian 5 kapal pemecah es milik Rusia paling besar di dunia yang masih beroperasi sampai saat ini.

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini