Share

Ciri-Ciri Spionase serta Contoh yang Sudah Pernah Terjadi

Rafika Putri, Okezone · Sabtu 03 Desember 2022 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 03 18 2720005 ciri-ciri-spionase-serta-contoh-yang-sudah-pernah-terjadi-ds5hSX0H0u.jpg Ilustrasi spionase (Foto: Sindonews)

JAKARTA - Spionase pada dasarnya berasal dari Bahasa Prancis yang berarti mengintai, mata-mata, mencari dengan sembunyi. Hal-hal yang dilacak adalah informasi-informasi penting yang berkaitan dengan pembangunan negara atau pemerintahan.

Dikutip Okezone dari berbagai sumber, spionase menciptakan kekacauan dan melemahkan fondasi vital bangsa. Spionase dilakukan oleh negara asing atau individu. Pelaku seringkali termasuk petugas intelijen yang bertindak sebagai penyusup atau proxy yang memberikan informasi rahasia.

Baca juga:  Pengertian dan Tujuan Spionase, Ini Penjelasannya

  • Ciri-ciri Spionase

Terdapat beberapa ciri yang ada dalam spionase, yaitu:

1. Dilakukan secara rahasia. Biasanya dilajukan secara sembunyi dan terselubung.

Tidak menggunakan sumber terbuka sepwrti media massa, konferensi pers, dan lainnya.

Baca juga: Apa Saja Tugas Seorang Agen Rahasia? Simak Penjelasannya

2. Bertujuan mengambil informasi penting negara atau perusahaan (non publik).

Mengambil atapun memantau segaka informasi penting yang terkait kedalam perkembangan politik, ekonomi dan militer suatu negara.

3. Dilakukan oleh orang yang ahli dalam bidangnya. Perlengkapan yang di gunakan canggih atau memerlukan pemikidan yang cerdas. Oleh karena itu, spionase sangat lekat dengan menggunakan teknologi informasi melalui target penelitian ilmiah, pertahanan, penerbangan, elektronik serta bidang lainnya.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

4. Memiliki banyak wajah. Berada di bawah perlindungan non resmi agar menyembunyikan fakta mereka bekerja kepada intelijen. Berpura-pura sebagai jurnalis, mahasiswa, dosen, dll. Biasanya berperan menggunakan nama dan kebangsaan palsu agar penyamarannya tidak terbongkar.

  • Contoh Spionase yang sudah terjadi

1. Spionase Amerika Serikat pada Jerman.

Amerika Serikat melakukan peretasan telepon. Selain itu, Amerika Serikat telah meretas surat elektronik (email) melalui mata-matanya yang bernama Rouseff.

Ia menyatakan ketidakpuasannya atas penundaan kunjungan kenegaraan oleh Amerika Serikat. Spionase yang dilakukan menimbulkan kecurigaan dan ketidakpercayaan terhadap Amerika Serikat di Jerman.

Jerman kemudian segera mempertimbangkan kembali perjanjian perdagangan bebas antara UE dan AS.

2. Spionase Korea Utara pada Korea Selatan.

Melalui serangan spionase dunia maya, Korea Utara menghapus data dan informasi dari perangkat penyimpanan komputer untuk mencuri rahasia militer Korea Selatan.

Melansir dari berbagai sumber, Korea Utara menggunakan malware dalam spionase, menurut peneliti AS. Di antara malware tersebut terdapat beberapa kata kunci yang dicari Korea Utara, termasuk "pasukan AS yang ditempatkan di Korea Selatan", "latihan perang", dan "rahasia".

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini