Share

Longsor di Jalanan Kolombia Kubur Bus dan Kendaraan, Setidaknya 27 Orang Tewas

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 06 Desember 2022 05:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 06 18 2721259 longsor-di-jalanan-kolombia-kubur-bus-dan-kendaraan-setidaknya-27-orang-tewas-bZwKo3xcBx.jpg Tanah longsor di Risaralda. (Foto: Badan Manajemen Bencana Kolombia)

BOGOTA - Tanah longsor yang melanda sebuah jalan di Provinsi Risaralda di Kolombia barat telah menewaskan setidaknya 27 orang, kata presiden negara itu.

Longsor terjadi pada Minggu, (4/12/2022) dini hari pagi waktu setempat di jalan menuju provinsi utara Chocó. Sebuah bus penuh penumpang termasuk di antara beberapa kendaraan yang terkubur lumpur dan bebatuan, yang terguling menuruni lereng bukit setelah hujan lebat.

Salah satu penumpang membantu istri dan dua anaknya keluar dari bus sebelum dia dimakamkan dan meninggal.

Setidaknya tiga anak termasuk di antara mereka yang tewas, kata Presiden Gustavo Petro, sebagaimana dilansir BBC.

Saksi mata mengatakan sebuah bus antarkota, sebuah jip, dan sebuah sepeda motor berhenti di jalan karena sebuah kecelakaan mobil jauh di depan ketika bagian dari lereng bukit runtuh menimpa mereka.

Bus tersebut diperkirakan memiliki dua pengemudi dan 25 penumpang saat berangkat, tetapi lebih banyak penumpang yang naik di sepanjang jalan.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Salah seorang yang tewas di dalam bus diidentifikasi sebagai Guillermo Ibargüen. Putranya Andrés memberi tahu Berita Caracol bahwa "Ayah membantu saya keluar dari bus melalui lubang kecil".

"Saya harus menceburkan diri ke jurang. Ketika saya melompat, lumpur menutupi semuanya," katanya.

Ibargüen juga membantu istri dan putrinya melarikan diri dari bus tepat waktu.

Setidaknya sembilan orang selamat dari tanah longsor, termasuk seorang gadis yang dilihat penyelamat menempel di tubuh ibunya yang telah meninggal.

Tanah longsor tidak jarang terjadi di Kolombia, terutama di musim hujan, dan jalan pegunungan sering kali terpotong oleh lumpur dan bebatuan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini