Share

Eksekutif dan Legislatif Sepakati Raperda Penambahan Modal ke Bank Pembangunan Kalimantan Selatan

Imam Rachmawan, · Kamis 08 Desember 2022 15:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 08 340 2723221 eksekutif-dan-legislatif-sepakati-raperda-penambahan-modal-ke-bank-pembangunan-kalimantan-selatan-EadvvdC16i.jpg Pemkab Tapin dan DPRD Tapin, sepakati Raperda Penambahan Modal ke Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan menjadi Perda. (Foto: dok. Pemkab Tapin)

RANTAU - Pemerintah Kabupaten Tapin dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Tapin, setujui Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Penambahan Penyertaan Modal Pemerintah Kabupaten Tapin kepada PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan dijadikan Peraturan Daerah (Perda).

Hal itu setelah lima Fraksi DPRD Kabupaten Tapin masing- masing Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi PKB, Fraksi Demokrat Nasdem, Fraksi Golkar, dan Fraksi Gamkasira telah memberikan pendapat akhirnya terhadap Ranperda Penambahan Penyeratan Modal Kepada Bank Pembangunan Kalimantan Selatan pada rapat paripurna DPRD Tapin, Rabu (23/11/2022).

Rapat Paripurna DPRD Tapin dipimpin Ketua DPRD Tapin Yamani dan didampingi Wakil Ketua Midpay Syahbani dan Herny Mustika. Sementara Pemerintah Kabupaten Tapin dihadiri Bupati Tapin HM Arifin Arpan, Asisten, Staf Ahli Bupati dan Kepala SOPD Lingkup Tapin serta Kepala Bank Kalsel Cabang Tapin Herlenawati dan jajaran.

BACA JUGA:Kepala BPK Kalsel Bergeser, Bupati Tapin Harapkan Dapat Terus Saling Berkoordinasi

Juru bicara Fraksi PDI Perjuangan Wahyu Nugroho Ranoro dalam pendapat akhirnya menyampaikan, menyambut baik hadirnya Ranperda ini dan memberikan apresiasi atas diajukannya Ranperda dimaksud.

“Penambahan penyertaan modal dilakukan untuk memperkuat struktur permodalan pada PT Bank Kalsel agar mampu meningkatkan kapasitas usaha, pelayanan publik, kesejahteraan masyarakat dan pendapatan asli daerah,“ jelasnya.

Berharap kepada Pimpinan dan jajaran PT Bank Kalsel untuk memanfaatkan dana penyertaan modal ini sesuai 3 ketentuan peraturan perundang-undangan agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat.

Bupati Tapin HM Arifin Arpan menanggapi atas pendapat akhir fraksi-fraksi dengan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan seluruh anggota DPDR Kabupaten Tapin atas tanggung jawab dan komitmen bersama dalam proses penyelesaian penyusunan ranperda, sehingga Ranperda dapat disetujui bersama menjadi Peraturan Daerah.

“Kerjasama dan koordinasi sebagai mitra dalam penyelenggaraan pembangunan daerah yang terus terpelihara, menjadi harapan kita dalam pelaksanaan berbagai kegiatan agenda pembangunan kedepannya, begitupun dengan agenda paripurna hari ini, yang bertujuan untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Tapin pada umumnya,“ jelas Bupati.

Dikatakan Bupati bahwa keberadaan Peraturan Daerah tentang Penambahan Penyertaan Modal Pemerintah Kabupaten Tapin, kepada PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan ini, sangat kita butuhkan karena sebagai salah satu sumber peningkatan pendapatan asli daerah kedepannya.

Selanjutnya, berbagai catatan pertanyaan serta koreksi yang disampaikan lima fraksi dewan, baik pada penyampaian pemandangan umum fraksi dan pada saat pembahasan antara panitia khusus dengan tim asistensi pembahasan Ranperda pemerintah daerah serta pendapat akhir fraksi, akan kami tindak lanjuti sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Selanjutnya sebagai tindak lanjut dari persetujuan bersama ini, sesuai dengan amanat Pasal 101 Ayat (3) Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 80 tahun 2015 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah Beserta dengan Perubahannya.

Sebelum ditetapkan dan diundangkan akan terlebih dahulu kami sampaikan kepada Gubernur Kalimantan Selatan untuk mendapatkan nomor registrasi Peraturan Daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Adapun penambahan penyertaan modal Pemerintah Kabupaten Tapin kepada PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan sebesar Rp15.999.219.061 pada tahun anggaran 2023. Maka jumlah modal yang telah disetorkan Pemerintah Kabupaten Tapin sampai dengan tahun 2023 sebagai salah satu pemegang saham adalah menjadi sebesar Rp58.441.548.000.

Kesepakatan itu dituangkan penandatangan bersama dalam berita acara nomor : 188/191/KUM/2022 dan Nomor : 170/1220/DPRD-Tpn/2022, persetujuan bersama antara Pemerintah Kabupaten Tapin dan DPRD Tapin atas Ranperda Tentang Pernyetaan Modal Pemerintah Daerah Kepada PT Bank Pembangunan Kaliamantan Selatan.

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

(FDA)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini