Share

Jajak Pendapat: Biden dan Trump Tangani Dokumen Rahasia Secara Tidak Pantas

Susi Susanti, Okezone · Selasa 24 Januari 2023 12:57 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 24 18 2751917 jajak-pendapat-biden-dan-trump-tangani-dokumen-rahasia-secara-tidak-pantas-rfmCuGUyYt.jpg Mantan Presiden AS Donald Trump dan Presiden AS Joe Biden (Foto: AP)

WASHINGTON – Serangkaian catatan dan enam dokumen lagi dengan tanda rahasia ditemukan Biro Investigasi Federal (FBI) setelah penggeledahan rumah Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Delaware pada Jumat (20/1/2023). Penggeledahan tersebut dilakukan dengan persetujuan pemimpin AS itu.

Jajak pendapat ABC/NEWS Ipsos, yang dilakukan sebelum terungkapnya penemuan terbaru oleh FBI, menunjukkan bahwa 64% warga Amerika merasa bahwa Biden bertindak tidak pantas dalam menangani dokumen rahasia. Namun, 77% publik yang disurvei, menganggap penanganan materi rahasia mantan Presiden Donald Trump yang disimpan di rumahnya di Florida setelah meninggalkan Gedung Putih bahkan lebih serius.

BACA JUGA: Soal Penemuan Dokumen Rahasia di Rumah Pribadi dan Kantornya, Biden Mengaku Tidak Menyesal 

Kedua pemimpin itu saat ini sedang diselidiki oleh jaksa khusus yang ditunjuk oleh Departemen Kehakiman.

Sehari sebelum penggeledahan FBI, Biden menegaskan kembali bahwa dia bekerja sama penuh dengan otoritas terkait. “Saya pikir tidak akan ditemukan apa-apa di sana. Saya mengikuti apa yang dikatakan pengacara kepada saya, apa yang mereka ingin saya lakukan,” tukasnya.

BACA JUGA:  Gedung Putih Pastikan Tidak Ada Tamu yang Datang ke Rumah Pribadi Biden Usai 20 Dokumen Rahasia Ditemukan

Beberapa dokumen berasal dari masa ketika Biden menjabat sebagai senator. Senator Demokrat Chris Coons, dalam wawancara televisi ABC This Week, mengatakan hal itu kemungkinan karena kesalahan pengarsipan.

“Karena masalah yang ditangani lebih penting, dan terkadang lebih rahasia, volumenya menjadi lebih tinggi. Jadi, saya pikir itu tidak disengaja. Menurut saya, ini juga bukan masalah yang membuat warga Amerika terancam,” ujarnya, dikutip VOA.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Anggota DPR dari Partai Republik Michael McCaul mengatakan pada acara televisi ABC This Week bahwa seberapa besar potensi dampak politik dari penemuan dokumen rahasia itu bergantung pada beberapa faktor.

“Watergate dimulai sebagai pencurian yang sangat kecil. Kasus itu akhirnya menyebabkan pengunduran diri Presiden Amerika Serikat. Jadi, saya tidak tahu apa yang ada di sana sampai kita melihat dokumennya, apakah ada dokumen keamanan nasional yang terkait dengan negara asing musuh (Amerika),” kata McCaul.

Mengapa Presiden saat ini dan mantan Presiden memiliki dokumen rahasia yang tidak disimpan di Arsip Nasional adalah pertanyaan yang harus digali oleh jaksa independen. Pendapat itu disampaikan oleh Senator Demokrat Joe Manchin dalam acara televisi NBC Meet the Press.

“Apakah Anda berniat menyakiti seseorang; apakah pada dasarnya Anda berniat melakukan hal yang tidak bertanggung jawab? Menurut saya mudah-mudahan tidak satu pun dari mereka (Biden dan Trump) yang berniat demikian. Tapi, benar bahwa mereka memang tidak bertanggung jawab,” ujarnya.

Senator Manchin juga menekankan bahwa rakyat Amerika menginginkan akuntabilitas, dan seharusnya ada checks and balances yang lebih baik. Checks and balances mengacu pada tindakan saling kontrol antar ketiga cabang pemerintahan sehingga terjadi keseimbangan kekuasaan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini