Share

Gamer Bocorkan Data Rahasia Jet F-15 dan F-16 AS di Forum Game Online

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 24 Januari 2023 15:25 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 24 18 2752053 gamer-bocorkan-data-rahasia-jet-f-15-dan-f-16-as-di-forum-game-online-QsnBfYJBj3.jpg Jet tempur F-15. (Foto: Reuters)

PARA gamer yang berdebat tentang pemodelan dari persenjataan pilihan mereka di game online telah secara tidak sengaja mengungkap rahasia militer di internet. Kali ini informasi sensitif tentang jet tempur F-16 dan F-15 Amerika Serikat (AS) dibocorkan pada dua insiden terpisah dalam sepekan.

War Thunder adalah game perang online, yang dikembangkan oleh Gaijin Entertainment, sebuah perusahaan yang berbasis di Budapest, Hungaria. Game ini memberikan fokus pada akurasi kendaraan perang dunia nyata, dan persenjataannya, yang realistis.

BACA JUGA: Dokumen Rahasia Militer Dibocorkan dalam Debat Game Online

Banyak pemain yang tertarik pada game ini terobsesi dengan akurasi dan menekan desainer game untuk mendapatkan setiap detail kendaraan tempur dengan benar. Dalam beberapa kasus mendukung argumen mereka para pemain memberikan bukti dengan materi terbatas, yang dirahasiakan dari publik.

Karena hal ini, pemain War Thunder telah secara tak sengaja membocorkan rahasia dan informasi sensitif terkait kendaraan tempur dan persenjataan negara-negara dunia termasuk di antaranya tank tempur Challenger-2 Inggris, tank Leclerc Prancis, dan peluru artileri anti-lapis baja DTC10-125 China.

BACA JUGA: Dokumen Rahasia Teronggok di Halte Bus, Bahas Rute Kapal Perang dan Militer

Pengungkapan terbaru kali ini terkait jet tempur F-16 Fighting Falcon, yang dibangun oleh kontraktor pertahanan AS General Dynamics, dan McDonnell Douglas F-15E Strike Eagle.

Diwartakan PC Gamer, seperti kebocoran lainnya, pengungkapan terbaru ini juga terjadi di forum diskusi untuk War Thunder, di mana para pemain sering berdebat tentang keakuratan perangkat militer mereka.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Dalam diskusi tentang F-16 yang berlarut-larut sejak pertengahan 2022, salah satu pemain menulis pada 16 Januari bahwa dia menemukan “hal menarik yang saya temukan selama penelitian saya.”

Meskipun komentar itu sendiri tidak terlalu sensitif, pemain yang dikenal sebagai spacenavy90 itu melampirkan dokumen untuk membuktikan pernyataannya tentang rudal yang dipandu radar AIM-120 dan panel kontrol kokpit jet tempur. Dokumen tersebut memiliki otorisasi distribusi terbatas, menurut moderator forum, sebagaimana dilansir RT.

Hanya dua hari setelah itu, anggota forum lain, RanchSauce39, dilaporkan memposting kumpulan manual perangkat lunak Program Penerbangan Operasional untuk F-15E, termasuk perincian tentang kontrol penerbangan, penargetan, dan sistem senjatanya.

Seperti dalam kasus serupa yang melibatkan sistem senjata lain, informasi sensitif dihapus setelah ditandai oleh moderator dan pengembang game. Mendistribusikan data militer yang dibatasi di tempat yang tidak sah, seperti forum game online, dapat mengakibatkan sanksi perdata atau pidana.

“Kami selalu menghapus postingan yang berisi informasi rahasia atau terlarang dari forum kami sesegera mungkin,” kata Gaijin dalam pernyataannya kepada PC Gamer.

“Kami melarang pengguna kami untuk berbagi dokumen seperti ini di platform kami. Kami berulang kali mengingatkan pengguna kami bahwa itu ilegal dan tidak berguna, jadi mereka tidak boleh melakukan itu. Kami tidak pernah menggunakan dokumen seperti ini dalam pekerjaan kami.”

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini