Share

5 Fakta Joe Biden Tolak Berikan Jet Tempur F16 untuk Ukraina, Apa Alasannya?

Tim Okezone, Okezone · Rabu 01 Februari 2023 07:32 WIB
https: img.okezone.com content 2023 02 01 18 2756735 5-fakta-joe-biden-tolak-berikan-jet-tempur-f16-untuk-ukraina-apa-alasannya-m6u017PyUU.jpg Joe Biden. (Foto: AP)

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menegaskan negaranya tidak akan memasok jet tempur F-16 yang diminta Ukraina dalam perang menghadapi Rusia. Penegasan itu disampaikan Biden saat bertemu wartawan di Gedung Putih.

Berikut sejumlah faktanya:

1. Desakan Ukraina

Seorang penasihat menteri pertahanan Ukraina pada Jumat 27 Januari 2023 mengatakan pihaknya nerencana untuk mendesak Barat mengirimkan jet tempur generasi keempat seperti F-16 setelah mengamankan pasokan tank tempur utama pekan lalu.

Seorang juru bicara angkatan udara Ukraina mengatakan akan membutuhkan pilotnya sekira setengah tahun untuk berlatih di jet tempur semacam itu.

 

2. Biden Tegas Katakan ‘Tidak’

Biden dengan tegas mengatakan ‘Tidak’ saat ditanya apakah Amerika Serikat akan menyediakan jet tempur tersebut.

Pernyataan singkat itu disampaikan Biden tak lama setelah Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa Rusia telah memulai “pembalasan dendam” atas perlawanan Ukraina di wilayah timur.

 Baca juga: Rumah Biden Digeledah Selama 13 Jam, Penyelidik Temukan Lagi 6 Dokumen Rahasia

Zelensky telah memperingatkan selama berminggu-minggu bahwa Moskow bertujuan untuk meningkatkan serangannya di Ukraina setelah sekitar dua bulan kebuntuan virtual di sepanjang garis depan yang membentang melintasi selatan dan timur.

3. AS dan Jerman Pasok Tank Tempur

Ukraina mendapat dorongan besar minggu lalu ketika Jerman dan Amerika Serikat mengumumkan rencana untuk menyediakan tank tempur utama, mengakhiri kebuntuan diplomatik selama berminggu-minggu terkait masalah tersebut.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Gerakan Rusia di Vuhledar

Meskipun tidak ada tanda-tanda serangan baru Rusia yang lebih luas, administrator bagian provinsi Donetsk timur Ukraina yang dikuasai Rusia, Denis Pushilin, mengatakan pasukan Rusia telah mengamankan pijakan di Vuhledar, sebuah kota pertambangan batu bara yang reruntuhannya merupakan benteng pertahanan Ukraina sejak awal perang.

5. Ukraina Terus Kerahkan Bala Bantuan

Pushilin mengatakan pasukan Ukraina terus mengerahkan bala bantuan ke Bakhmut, Maryinka dan Vuhledar, tiga kota yang membentang dari utara ke selatan tepat di sebelah barat kota Donetsk.

Penasihat Pushilin, Yan Gagin, mengatakan pejuang dari pasukan tentara bayaran Rusia Wagner telah menguasai sebagian jalan pasokan menuju Bakhmut, sebuah kota yang telah menjadi fokus utama Moskow selama berbulan-bulan.

Sehari sebelumnya, pimpinan Grup Wagner mengatakan pasukannya telah mengamankan Blahodatne, sebuah desa di utara Bakhmut.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini