Share

Serangan Bom Bunuh Diri di Masjid, PM Pakistan Umumkan Hari Berkabung Nasional

Susi Susanti, Okezone · Rabu 01 Februari 2023 05:23 WIB
https: img.okezone.com content 2023 02 01 18 2756742 serangan-bom-bunuh-diri-di-masjid-pm-pakistan-umumkan-hari-berkabung-nasional-WQBDkdVm8W.jpg Serangan bom bunuh diri di masjid Pakistan (Foto: Reuters)

PAKISTAN – Perdana Menteri (PM) Pakistan Shehbaz Sharif mengumumkan hari berkabung nasional usai serangan bom bunuh diri di masjid yang menargetkan polisi di kota Peshawar di Pakistan. Ledakan masjid itu terjadi pada Senin (30/1/2023) sekitar pukul 13:30 (08:30 GMT) selama salat Ashar.

"Teroris ingin menciptakan ketakutan dengan menargetkan mereka yang menjalankan tugas membela Pakistan," terangnya, dikutip NC.

Sementara itu, pihak yang berada di balik serangan belum diketahui. Sharif mengatakan mereka yang berada di balik serangan itu tidak ada hubungannya dengan Islam. "Seluruh bangsa berdiri bersatu melawan ancaman terorisme,” terangnya.

BACA JUGA: Serangan Bom Bunuh Diri di Masjid Pakistan, Jumlah Korban Bertambah Jadi 100 Orang Meninggal

Seperti diketahui, Taliban Pakistan mengakhiri gencatan senjata pada November, dan kekerasan terus meningkat di negara itu sejak itu. Itu terpisah dari Taliban Afghanistan tetapi memiliki ideologi Islam garis keras yang sama.

BACA JUGA: Ledakan Bom Bunuh Diri di Masjid Pakistan Tewaskan 59 Orang, Taliban Nyatakan Tak Terlibat

Aktivitas militan meningkat di Pakistan sejak Taliban menyetujui kesepakatan damai dengan AS dan kemudian merebut kekuasaan di Afghanistan pada 2021.

Ada sejumlah serangan terhadap polisi dan personel keamanan Pakistan sejak gencatan senjata ditinggalkan. Pada bulan Desember Taliban Pakistan menargetkan sebuah kantor polisi - seperti Peshawar, di barat laut, berbatasan dengan Afghanistan - yang menurut para pejabat telah menyebabkan kematian 33 militan.

Follow Berita Okezone di Google News

Serangan terhadap masjid itu terjadi pada awal minggu penting bagi diplomasi Pakistan.

Pada Senin (30/1/2023) , Presiden Uni Emirat Arab (UEA), Mohamed bin Zayed Al Nahyan, dijadwalkan mengunjungi Islamabad - meskipun perjalanan dibatalkan pada menit terakhir karena cuaca buruk.

Pada Selasa (31/1/2023), delegasi Dana Moneter Internasional (IMF) berencana engunjungi Pakistan sebagai bagian dari proses membuka pinjaman dana talangan (bailout) untuk mencegah negara dari gagal bayar.

Sebelumnya, pada Maret tahun lalu lalu, Peshawar menjadi sasaran pemboman lain, yang menewaskan puluhan orang di sebuah masjid Muslim Syiah di negara mayoritas Muslim Sunni.

Di ibu kota Islamabad, polisi mengeluarkan peringatan tinggi dan mengatakan keamanan di semua pintu masuk dan keluar kota telah ditingkatkan.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini