Share

Sikat HP yang Tertinggal di ATM, Ternyata Milik Anggota Brimob

Era Neizma Wedya, MNC Portal · Selasa 02 Mei 2023 13:52 WIB
https: img.okezone.com content 2023 05 02 610 2806835 sikat-hp-yang-tertinggal-di-atm-ternyata-milik-anggota-brimob-BeEHXQ9C2z.jpg

LUBUKLINGGAU - Seorang pria di Lubuklinggau, Darwanto (46) mengambil handphone yang tertinggal di gerai ATM sehingga berujung ke kantor polisi, karena handphone yang diambil ternyata milik oknum anggota Brimob Petanang, Selasa (2/5/2022).

Kapolres Lubuklinggau, AKBP Harissandi melalui Kasatreskrim AKP Robi Sugara mengatakan, kejadian yang berujung jeruji besi ini berawal saat Darwanto mengambil handphone yang tertinggal di gerai ATM di komplek Perkantoran BRI Cabang Lubuklinggau, pada Kamis (27/4/2023) sekitar pukul 21.30 WIB.

“Saat itu korban melakukan transaksi transfer di gerai ATM BRI, setelah selesai kemudian korban meninggalkan gerai ATM, tanpa sadar handphonenya tertinggal,” katanya.

Dan baru disadari korban ketika sampai di rumah handphone merk OPPO A74 warna hitam tidak ada karena tertinggal di dalam gerai ATM. Dan atas kejadian itu korban melaporkan ke Polres Lubuklinggau guna ditindak lanjuti.

Setelah menerima laporan itu maka pada hari Jum'at (28/4/2023) tim langsung melakukan penyelidikan, cek dugaan TKP hilang di Bank BRI Cabang Lubuklinggau, Pulbaket dan melakukan pemeriksaan CCTV. Dan dari hasil penyelidikan ada seorang laki-laki dengan ciri-ciri badan besar, berambut pendek, berkaos warna cokelat masuk melakukan aktifitas transaksi di Gerai ATM.

“Orang tersebut mengambil sesuatu benda (diduga HP milik korban yang tertinggal) dan tak lama keluar dan meninggalkan Gerai ATM,” katanya.

Dan hasil rekaman CCTV dipelajari dan dilakukan pendalaman Tim Macan mendapat informasi. Guna mengungkap kasus tersebut Tim Macan berupaya untuk menghubungi dan klarifikasi namun yang bersangkutan tidak koperatif.

“Lalu pada hari Minggu (30/4/2023) sekitar pukul 20.00 WIB orang yang mengambil Hp diketahu bernama Darwanto mengembalikan HP OPPO A74 itu kepada Satpam Bank BRI Cabang Lubuklinggau,” katanya.

Selanjutnya satpam Bank BRI menghubungi Tim Macan Tim Macan, Darwanto langsung diamankan untuk dilakukan interogasi awal, Namun, Darwanto berbelit-belit dan tidak mengakuinya selanjutnya dilakukan pencocokan ternyata benar Hp korban, lalu Darwanto diamankan ke Polres Lubuklinggau untuk dilakukan pemeriksaan.

"Akhirnya Darwanyo mengakui mengambil Hp korban, tidak berusaha mengembalikan kepada Satpam yang bertugas, malah membawanya, menguasainya selama tiga hari (1x24 jam)," kata Robi.

Dijelaskan juga oleh Robi, Darwanto berusaha menguasai atau memiliki Hp tersebut dan stelah mematikan Hp lalu menghidupkannya kembali keesokan harinya dan mencoba membuka sandi Hp namun tetap juga tidak berhasil.

“Darwanto ini juga mengetahui bahwa telah dihubungi oleh petugas ditelpon berulang-ulang namun tidak diangkat, dan dia sempat membaca notifikasi SMS ke HP dan takut ditangkap," pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(kha)

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini