MK: Sejak 14.35 WIB Hendarman Tak Sah sebagai JA

|

Mahfud MD (foto: Koran SI)

MK: Sejak 14.35 WIB Hendarman Tak Sah sebagai JA

JAKARTA- Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan menerima sebagian perkara uji materi Undang-Undang Nomor 16/2004 tentang Kejaksaan, yang diajukan oleh mantan Menteri Kehakiman dan HAM, Yusril Ihza Mahendra.

Dalam putusan yang dibacakan Ketua MK Mahfud MD, Majelis Hakim memutuskan bahwa provisi ditolak dan mengabulkan sebagian permohonan Yusril Ihza Mahendra.

"Sejak hari ini pukul 14.35 WIB Hendarman tak sah sebagai jaksa agung, kecuali kalau presiden mengangkat dia kembali," ujar Mahfud MD di Jakarta, Rabu (22/9/2010).

Majelis menilai, karena tidak ada satu alternatif pun yang dianut dalam undang-undang, maka UU No 16 itu memang menimbulkan ketidakpastian hukum. “Maka seharusnya pembuat UU segera melakukan legislatif review,” ujar Mahfud.

Menurut Mahfud, karena legislatif review membutuhkan waktu lama maka mahkamah memberikan penafsiran pasal 22 ayat 1 huruf D.

“Pasal 22 ayat 1 huruf D adalah sesuai dengan UUD 1945 secara bersyarat. Yaitu konstitusional sepanjang dimaknai masa jabatan jaksa agung seiring berakhir masa jabatan Presiden atau diberhentikan dalam periode yang bersangkutan,” ujarnya.

(ful)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Operasi Zebra Jaring 4.764 Pelanggar