Share

Membangkitkan Rasa Nasionalisme

Jum'at 05 Juni 2009 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2009 06 05 230 226530

Seluruh komponen bangsa kini merasakan, saat ini terjadi penurunan kadar nilai-nilai nasionalisme, cinta tanah air, bela negara dan militansi kebangsaan di dalam berbagai kehidupan dan lapisan masyarakat. Indikasi menurunnya nasionalisme itu patut direnungkan bersama, untuk itu seluruh komponen bangsa berkewajiban menggelorakan kembali rasa nasionalisme. Karena wawasan nasional sekaligus ketahanan nasional memiliki arti penting dalam melindungi dan mengamankan aset nasional dan internasional.

Harus kita akui bahwa sejak bergulirnya arus reformasi disegala bidang, bangsa Indonesia hingga kini justru semakin tertinggal dari negara negara tetangga. Rasa patriotisme, rela berkorban dan jiwa nasionalisme kini semakin memudar. Ketertinggalan dan memudarnya semangat nasionalisme ini dikarenakan munculnya berbagai gejolak sosial, seperti, bencana alam yang bertubi tubi dan konflik horizontal yang merebak diberbagai daerah ditanah air. Demokratisasi yang melewati batas etika dan sopan santun, maraknya unjuk rasa, semuanya telah menimbulkan frustasi dikalangan masyarakat dan hilangnya optimisme, sehingga yang ada hanya sifat malas, egois dan, emosional.

Bangsa Indonesia kini berada di persimpangan jalan, menghadapi Pilpres, naiknya suhu politik, tekanan ekonomi bahkan rongrongan dari negara tetangga, semua persoalan ini telah banyak menyita pikiran,energi dan dana yang tidak sedikit.

Dihadapkan pada situasi seperti ini, diperlukan pioner pioner bangsa yang mampu menggugah semangat bangsa untuk bangkit,mengembalikan semangat dan percaya diri bangsa.

Janganlah merasa kita ini sebagai bangsa yang besar kalau kita tidak dapat mengatasi persoalan bangsa ini. Mari kita bangun negeri ini dengan kerja keras, melaksanakan tugas dengan profesional dan sikap nasionalis yang selalu menggelora, agar negara asing segan dan menghormati kita.

Wawan Budayawan, SPd

Pemerhati Masalah Sosial dan Budaya

(mbs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini