PII Gandeng Unibraw dan ITS untuk Pendidikan Insinyur

Nurul Arifin, Okezone · Jum'at 08 Juli 2011 19:10 WIB
https: img.okezone.com content 2011 07 08 373 477668 vhMWDeLXLm.jpg Ilustrasi : Corbis

SURABAYA - Persatuan Insinyur Indonesia (PII) menggandeng dua perguruan tinggi di Jawa Timur untuk menempuh pendidikan profesi sebagai Insinyur. Dua perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang dan Institute Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

Menurut Ketua PII, Muhammad Said Didu, perguruan tinggi akan memberikan pendidikan tambahan kepada para sarjana teknik agar menjadi Insinyur. Sebagaimana diketahui, seorang sarjana teknik belum bisa menjadi Insinyur.

 

"Sarjana teknik adalah gelar akademik, bukan gelar profesi. Hal itu mengacu pada Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas)," katanya yang ditemui di sela-sela acara Musyawarah Wilayah PII Jawa Timur di Hotel Shangri-La, Surabaya, Jumat (8/7/2011).

Dia menjelaskan, insinyur adalah seorang yang melakukan rekayasa teknik untuk meningkatkan nilai tambah atau daya saing, daya guna, dan pelestarian. Dan setiap lulusan fakultas teknik bukan langsung menjadi insinyur. Oleh karena itu, diperlukan pendidikan khusus sejenis pendidikan profesi.

Sementara itu, Ketua PII Jawa Timur, Ridwan Hisyam menambahkan, teknis pendidikan untuk insinyur ini akan dilakukan ketika calon sarjana teknik sedang menempuh Yusidum. Saat itulah diberi kesempatan untuk meraih gelar insinyur. Sehingga, ketika diwisuda maka gelar tersebut dapat diraih.

"Rencananya penerapan pendidikan insinyur ini akan dilakukan pada waktu senggang menjelang wisuda. Selanjutnya, kerja sama ini akan berlanjut ke beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta di Jawa Timur," kata Ridwan, pria yang baru saja dilantik menjadi ketua PII Jawa Timur priode 2011-2014.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini